KM Cantika Lestari Beroperasi, Perekonomian Mamberamo Raya Bergeliat

  • Whatsapp
KM Cantika Lestari 77 saat sandar di Pelabuhan Jayapura, Sabtu, 17 Oktober 2020.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Setelah hampir enam bulan lebih tidak beroperasi akibat pandemic Covid-19, akhirnya KM Cantika Lestari 77 kembali beroperasi melayani pelayaran dari Kota Jayapura ke Kasonaweja, Mamberamo Raya.

Bahkan, kini perekonomian masyarakat di Kabupaten Mamberamo Raya bergeliat kembali. Apalagi, masyarakat di Warembori, Bagusa dan Trimuris kembali melakukan aktivitas jual beli, sehingga mereka mendapatkan pemasukan atau income bagi keluarga mereka.

Bacaan Lainnya

Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mamberamo Raya, James Wanda, SSos mengatakan, jika beroperasinya kembali KM Cantika Lestari ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Mamberamo Raya.

“Puji Tuhan dan Terimakasih kepada bapak bupati serta bapak sekda serta seluruh masyarakat Mamberamo Raya, jika kini KM Cantika Lestari sudah melayani 4 kali trip, setelah enam bulan kapal tidak beroperasi karena Covid-19,” kata James Wanda.

Menurutnya, kehadiran KM Cantika Lestari ini, ternyata berdampak positif bagi perekonomian masyarakat Mamberamo Raya mulai dari Warembori, Bagusa, Trimuris hingga Kasonaweja.

“Dari perekonomian sudah mulai terangkat. Banyak pedagang yang mulai berani berusaha, masyarakat bisa membawa hasil ke Jayapura untuk dijual,” ujarnya.

Dari sisi transportasi, kata Kadishub James Wanda, rakyat sudah mematuhi semua peraturan protokol kesehatan dalam upaya mencegah virus Corona atau Covid-19, dimana penumpang memakai masker dan harus menunjukkan surat bebas Covid-19.

Mereka turun tidak sembarang, mereka harus menunjukkan surat bebas Covid-19 dari Dinas Kesehatan atau RSUD di Mamberamo Raya, baru bisa turun.

Setelah itu, baru diperiksa lagi secara ketat di Pelabuhan Jayapura, sehingga diharapkan keluar masuknya masyarakat ini, tidak ada lagi yang terkena virus Corona atau Covid-19, lantaran dilakukan pemeriksaan secara ketat.

“Untuk itu, kami selakuk kepala dinas mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati, bapak sekda dan pihak managemen PT Belibis yang menyiapkan alat tranportasi untuk memobilisasi masyarakat yang ada di wilayah Kota Jayapura, Sentani, Keerom untuk bisa balik ke Mamberamo Raya atau sebaliknya, sehingga proses penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan semua bisa berjalan,” imbuhnya.

Kapten KM Cantika Lestari 77, Maman Rahman mengakui jika sejak beroperasi 1 bulan ini, setidaknya sudah ada 4 kali trip Jayapura – Mamberamo Raya dan disambut antusias masyarakat Mamberamo Raya.

“Jumlah penumpang dalam tiap trib rata-rata masih 130 – 150 orang penumpang. Itu sudah dihitung dengan anak-anak kecil,” ujarnya.

Kehadiran kapal ini, imbuh Maman Rahman, membuat aktifitas ekonomi kembali bergairah, bahkan disambut dengan baik masyarakat, karena hampir 6 bulan lebih kapal tidak beroperasi.

“Kedatangan kapal mereka sangat senang, semua sudah berjalan normal kembali. Ekonomi hidup lagi di Teba, Bagusa dan Trimuri serta di Kasonaweja,” pungkasnya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *