Komisi I DPR Papua Dukung Banyak OAP Berkarya di BPN

  • Whatsapp
Ketua Komisi I DPR Papua, Fernando AY Tinal, BA bersama anggota Komisi I DPR Papau foto bersama Kepala Kanwil BPN Papua Jhon Wiclif Aufa, A.Ptnh usai Rapat Kerja di Horison Hotel Kotaraja, Senin, 20 Juli 2020.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) yang membidangi pemerintahan, hukum, HAM, dan pertanahan mendukung dan mendorong orang asli Papua (OAP) berkarya atau bekerja di kantor Badan Pertanahan Nasional  (BPN) di seluruh Tanah Papua.

Bacaan Lainnya

Ketua Komisi I DPR Papua, Fernando AY Tinal, BA mengatakan, pihaknya sangat mendukung rencana Kepala Kanwil BPN Papua yang menginginkan agar Orang Asli Papua berkarya di setiap kantor BPN yang ada di Tanah Papua.

“Ini sangat bagus sekali rencana itu, sehingga ketika ada persoalan pertanahan, pegawai BPN yang merupakan OAP bisa menjelaskan aturan-aturan undang-undang yang dibuat pemerintah. Tetapi juga bisa menjelaskan tentang aturan adat,” kata Fernando Tinal didampingi Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Paskalis Letsoin, SH, MH, Sekretaris Komisi I DPR Papua, Feryana Wakerkwa, Anggota Komisi I DPR Papua, Las Narigi, Laurenzus Kadepa dan Ferdinando Bokowo usai rapat kerja bersama mitra di Horison Hotel Kotaraja, Senin, 20 Juli 2020.

Apalagi, menurut Fernando Tinal, selama ini memang OAP yang berkarya di kantor BPN yang ada di Papua sangatlah minim. Oleh sebab itu, pihaknya sangat mendukung agar ada kebijakan khusus dalam perekrutan pegawai OAP untuk berkarya di BPN yang ada di Tanah Papua.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN Papua, Jhon W Aufa, APtnh mengakui jika SDM pada BPN dari dulu sangat terbatas, terutama untuk orang asli Papua.

“Orang Asli Papua yang ada di BPN itu, bisa dihitung dengan jari. Saya bersyukur dengan Otsus, saya bisa menjadi Kakanwil BPN,” katanya.

Untuk itu, pihaknya membutuhkan adanya penambahan SDM khususnya dari Orang Asli Papua di seluruh kabupaten/kota, sehingga pihaknya meminta dukungan Pemprov Papua, kabupaten/kota dan DPR Papua.

“Kami mohon dukungan DPR Papua untuk mendukung dalam rekrutmen pegawai ini,” imbuhnya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *