Lima Dewan Adat Suku di Jayapura Dukung Billy Suwae Maju Pilkada 2022

  • Whatsapp
Lima Ketua DAS di Kabupaten Jayapura memberikan dukungan kepada Billy Suwae untuk maju Pilkada Kabupaten Jayapura pada 2022 dalam pers conference di RM Yougwa, Sentani, Selasa, 26 Januari 2021.

SENTANI, Papuaterkini.com – Setelah sejumlah tokoh masyarakat adat di wilayah pesisir Tanah Merah bersepakat mendukung Billy Yan Tonny Zacheus Suwae, maju menjadi calon Bupati Kabupaten Jayapura periode 2022 -2026.

Kini, giliran lima Dewan Adat Suku (DAS) di Kabupaten Jayapura memberikan dukungan kepada anak mantan Bupati Jayapura dua periode, DR Habel Melkias Suwae, S.Sos, MM tersebut untuk maju Pilkada di Bumi Kenambay Umbay.

Bacaan Lainnya

Pernyataan sikap dukungan Dewan Adat Suku (DAS) di Kabupaten Jayapura itu, sempat dibacakan Ketua DAS Distrik Yapsi, Robertus Urumban usai pertemuan di RM Yougwa, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa, 26 Januari 2020.

“Kami yang bertandatangan dibawah ini adalah Dewan Adat Suku (DAS) Distrik Kaureh, Diskrtik Yapsy, Distrik Unurum Guay, Distrik Airu dan Distrik Moi Kabupaten Jayapura, dengan ini menyatakan siap mendukung anak kami Billy Tonny Yan Zacheus Suwae untuk maju sebagai calo Bupati Jayapura 2022 – 2026,” katanya.

Sebab, Billy Suwae adalah putra keempat dari almarhum DR Habel Melkias Suwae, SSos, MM, mantan Bupati Jayapura periode 2001 – 2011 yang diyakini dan dipercaya dapat melanjutkan apa yang pernah dikerjakan oleh almarhum bapaknya sewaktu menjabat sebagai Bupati Jayapura dua periode.

Pernyataan sikap itu, ditandatangani oleh Ketua DAS Kau Kabaku Distrik Airu, Koreneles Hurahuran, Ketua DAS Distrik Yapsy, Robertus Urumban, Ketua DAS Distrik Kaureh, Matius Bogogo, Ketua DAS Orya, Matias Sanggra dan Ketua DAS Moi, Nicodemus Yoboisembut.

Ketua DAS Kaukabaku Distrik Airu, Korneles Hurahuran menambahkan, jika pihaknya siap mendukung Billy Suwae untuk maju dalam Pilkada di Kabupaten Jayapura.

“Billy Suwae adalah anak adat Kabupaten Jayapura. Dia adalah anak dari Tokoh Pemberdayaan Kampung dan Bapak Pembangunan Kabupaten Jayapura, Habel Melkias Suwae atau HMS,” kata Korneles.

Senada disampaikan Robertus Urumban, Ketua DAS Distrik Yapsy mendukung putra HMS itu untuk mencalonkan sebagai Bupati Jayapura periode 2022 – 2026.

“Selaku ketua DAS tetap memberikan dukungan kepada anak-anak Tabi yang punya niat untuk membangun wilayah Kabupaten Jayapura ini, melalui hati,” ujarnya.

Pada intinya, kata Robertus, sebagai Dewan Adat Suku siap memberikan dukungan Billy Suwae untuk melanjutkan visi misi dari HMS dan Bupati Matius Awoitauw untuk meneruskan jati diri adat, sehingga adat betul-betul diakui di pusat.

“Kami melihat HMS dan Matius Awoitauw sebagai anak asli Jayapura sudah teruji dan terbukti membangun daerah ini, baik wilayah 1, 2, 3 dan 4. Artinya, anak asli Jayapura mampu menjadi tuan di negerinya sendiri, sehingga apa yang dirintis oleh HMS, dapat dilanjutkan oleh Billy Suwae dan sinkron dengan visi misi Bupati Awoitauw, sehingga akan lebih mempertajam lagi,” paparnya.

Ketua DAS Kaureh, Matius Bogogo memberikan dukungan kepada putra keempat tokoh Papua, HMS ini untuk maju dalam bursa pemilihan kepala daerah di Kabupaten Jayapura pada 2022.

“Saya pribadi dan secara adat, kami mendukung penuh kepada Billy Suwae untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Jayapura pada Pilkada nanti,” ujarnya.

Ia berharap Billy Suwae dapat melanjutkan program pemberdayaan kampung yang telah dirintis oleh ayahnya, HMS dan pembangunan tanaman kakao.

Matius juga berharap Billy Suwae dapat melanjutkan program yang juga telah dirintis oleh Bupati Mathius Awoitauw yakni program kampung adat, membangun jati diri adat di Kabupaten Jayapura ke depan.

“Kalau anak-anak dari tempat lain, tentu tidak akan dapat meneruskan itu. Tapi khususnya anak-anak Tabi, dia akan melanjutkan program itu, baik program pemberdayaan kakao, pemberdayaan hak masyarakat adat ditindaklanjuti dan kampung adat, sehingga sebagai tokoh adat kami mendukung anak Billy Suwae,” imbuhnya.

Ketua DAS Orya Distrik Unurum Guay, Matias Sanggra juga mendukung Billy Suwae untuk maju sebagai calon Bupati Jayapura agar dapat melanjutkan visi misi dari Bupati Mathius Awoitauw dan HMS.

“Kami harap ini bisa dilanjutkan, baik pembangunan kampung maupun adat serta pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui gerakan menanam kakao,” ujarnya.

Ia berharap nantinya bisa meningkatkan kinerja para kepala distrik dan ASN, tidak hanya makan uang negara saja, tetapi harus menunjukkan kinerja dalam pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan di Bumi Kenambay Umbay, agar lebih maju ke depan.

Sebagaimana diketahui Billy Suwae adalah putra keempat dari almarhum Habel Melkias Suwae (HMS) yang merupakan pencetus dan penggagas program pemberdayaan masyarakat dan telah terbukti membangun masyarakat selama kepemimpinan tersebut.

Saat ini Billy Suwae dipercayakan memimpin Partai Perindo Kabupaten Jayapura, sehingga dengan bekal kemampuan dan intelektual yang dimiliki menjadi penilaian positif untuk maju calon Bupati Jayapura, Selain Pernah menjadi pegawai Bank Papua karyawan sejak 2008 hingga tahun 2012 serta pengalaman pendidikan Bisnis di Selandia Baru. (bat)

 

 

 

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *