Media Group Pangansari Utama Bantu Konsentrator Oksigen untuk RSUD Youwari 

  • Whatsapp
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw saat menerima bantuan mesin konsentrator oksigen dari Media Group Pangansari Utama.

SENTANI, Papuaterkini.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Youwari, Kabupaten Jayapura, Papua mendapatkan bantuan satu alat mesin konsentrator oksigen yaitu, Oxygen Concentrator.

Bantuan dari Media Group Pangansari Utama untuk membantu Pemkab Jayapura dalam rangka menangani pasien Covid-19 itu diterima Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, MSi, didampingi Direktur RUSD Youwari Dr. dr. Petronella Marcia Risamasu, di Lobi RSUD Youwari, Doyo Baru, Distrik Waibhu, Kabupaten Jayapura, Papua, Rabu, 11 Agustus 2021.

External Relations dan CSR PT Pangan Sari Utama Food Resource, Taryono mengatakan, bantuan yang diberikan pihaknya itu merupakan bentuk dukungan Media Group Pangansari Utama terhadap pemerintah.

“Saat ini di seluruh wilayah Indonesia sedang berjuang melawan Covid-19 yang telah memasuki masa kritisnya. Oleh sebab itu, bantuan ini merupakan bagian daripada dukungan kami terhadap pemerintah dalam melawan virus Corona,” kata Taryono.

Dengan adanya bantuan mesin konsentrator oksigen ini, dia berharap bisa membantu masyarakat di Kabupaten Jayapura sesuai dengan permohonan Bupati Jayapura.

“Kami hari ini menyerahkan secara simbolis mesin konsentrator oksigen, yang mana saat ini alatnya dalam pengiriman yang nantinya dapat membantu masyarakat di daerah ini,” ujarnya.

Selain memberikan bantuan konsentrator oksigen di Kabupaten Jayapura, kata Taryono, pihaknya juga akan memberikan bantuan yang sama di Timika dan SMA Negeri 2 Jayapura berupa beasiswa.

“Jadi, dalam situasi pandemi Covid-19, kami dari Media Group Pangansari Utama ingin membantu pemerintah dalam penanggulangan dengan berkontribusi meringankan beban saudara-saudara kita yang ada di wilayah timur, tepatnya di Timika dan Jayapura,” katanya.

Taryono berharap alat yang diserahkan ini bisa membantu menjawab kebutuhan di RSUD Youwari dalam memerangi Covid-19.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengucapkan terima kasih kepada pihak Media Group Pangansari Utama yang membantu satu alat konsentrator oksigen dalam memerangi virus Corona.

“Kami sangat berterimakasih sekali karena apa yang telah kami dapatkan ini sangat dibutuhkan dalam dalam melawan Covid-19. Jadi kerjasama yang baik ini, saya harap terjaga dengan baik,” kata Bupati Awoitauw.

Menurutnya, bantuan mesin konsentrator oksigen ini sangat membantu pemerintah daerah dalam penanganan pasien Covid-19.

“Bantuan ini sangat menolong kami di rumah sakit dan juga masyarakat Kabupaten Jayapura, karena kami sangat butuhkan dalam menangani Covid-19,” ujarnya.

Bantuan tersebut, kata Mathius, tentu akan memberi semangat dan spirit, untuk tenaga medis dalam bekerja. Dengan kehadiran fasilitas oksigen dari Media Group Pangansari Utama ini akan memambah kekuatan pemerintah dalam memerangi Covid-19.

“Di bulan Juli sampai Agustus 2021, memang di kabupaten ini dan Papua pada umummya tingkat kasus Covid-19 sangat tinggi. Tetapi, kami bisa mengatasinya dengan baik terutama yang isolasi mandiri penanganan lebih ditingkatkan,” katanya.

“Kami optiminis bisa menurunkan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Jayapura dengan dilaksanakannya vaksinasi, terutama menjelang PON XX pada bulan Oktober 2021 mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Direktur RSUD Yowari, Dr. dr. Petronella Marcia Risamasu mengatakan, mesin konsentrator oksigen tersebut memiliki kapasitas yang besar dengan jumlah kapasitas 10 liter.

“Kebutuhan pasien kami akan oksigen itu rata-rata permenit 10 hingga 15 liter. Jadi sangat tinggi kebutuhan akan oksigen di rumah sakit ini,” jelas perempuan yang akrab disapa dokter Malla ini.

Dengan adanya bantuan mesin konsentrator oksigen yang berkapasitas 10 liter ini diharapkan  bisa memenuhi kebutuhan oksigen di RSUD Youwari. Selain konsentrator oksigen, RSUD Youwari juga memiliki mesin oksigen generator yang bisa memproduksi oksigen tabung. Tetapi, untuk pemakaian saat ini sangat tinggi.

“Semakin banyak pasien, otomatis kebutuhan oksigen juga pasti tinggi. Kita lihat dalam beberapa hari ini kebutuhan oksigen sangat tinggi, terutama untuk pasien Covid-19 maupun pasien non Covid-19 yang butuh oksigen,” imbuhnya. (irf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *