Menparekraf Nilai Momen PON XX Dorong Pertumbuhan Wisata Olahraga

  • Whatsapp
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan di Sentani, kemarin.

SENTANI, Papuaterkini.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai, ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 dapat memberdayakan ekonomi dan wisata.

Sandiaga menyampaikan itu saat meninjau Stadion Utama Lukas Enembe, Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, dalam rangka melihat kesiapan PON XX Papua.

“Jadi, ini momentum bagi Papua dan Indonesia untuk mendorong pertumbuhan wisata olahraga. Pemerataan pembangunan di Papua, serta titik balik kebangkitan pariwisata dan juga ekonomi kreatif di Papua,” kata Sandiaga Uno ketika memberikan keterangan kepada wartawan, Selasa, 21 September 2021.

Pada iven PON XX 2021, kata Sandi, sebanyak 25 ribu tas Noken produk kreatif griya Papua sudah disiapkan untuk menjadi merchandise bagi kontingen PON baik itu atlet dan ofisial, serta ratusan pekerja ekonomi kreatif di bidang event. Tentu saja, hal itu dapat mendongkrak produk kreatif asal Bumi Cendrawasih.

 

PON XX Papua Bisa Disaksikan Penonton

Dikatakan, Presiden Joko Widodo sudah memberikan izin agar perhelatan PON XX Papua dapat dihadiri penonton maksimal 25 persen. Tentunya, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan juga sudah di vaksinasi Covid-19 lengkap.

Untuk itu, Sandi juga memastikan PON XX Papua bisa disaksikan penonton. Namun, maksimal jumlah penonton hanya 25 persen dari kapasitas venue dan harus sudah divaksin sebanyak dua kali.

“Pada acara yang luar biasa ini, bapak Presiden RI baru saja memberikan izin agar pelaksanaan PON XX Papua digelar dengan kehadiran penonton, ya Alhamdulillah. Namun, dibatasi dengan pembatasan 25 persen dan vaksin dosis lengkap menjadi syarat utama,” ujar Dewan Pembina PBESI tersebut.

“Ada empat klaster pelaksanaan PON XX, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Kami harapkan opening dan closing ceremoni PON XX berlangsung lancar. Mari kita bersatu untuk sukseskan PON Papua,” tuturnya.

Untuk itu, Sandi berharap dalam ajang PON XX ini para atlet dapat mempersiapkan diri ikut turnamen internasional untuk mewakili Indonesia.

“Saya sangat optimis ajang ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, sehingga dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dalam memajukan Indonesia,” imbuhnya. (irf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *