PDAM Jayapura Gratiskan Sambungan Air Bersih Bagi Warga Pengungsi Kemiri

  • Whatsapp
Direktur PDAM Jayapura, Entis Sutisna.

Bacaan Lainnya

SENTANI, Papuaterkini.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura akan melakukan sambungan rumah instalasi air bersih gratis bagi 300 unit rumah warga.

Kegiatan tersebut untuk warga pengungsi Kampung Kemiri, Kabupaten Jayapura yang merupakan korban banjir bandang dan longsor pada Maret 2019 lalu.

“Kami lihat BPBD sudah bangun dari intake, maka kami akan melakukan sambungan air bersih ke rumah warga korban banjir secara gratis,” kata Direktur PDAM Jayapura, Entis Sutisna di Sentani, Selasa, 7 Juli 2020.

Menurutnya, sesuai petunjuk Bupati Jayapura kepada PDAM Jayapura, pihaknya diminta untuk mengecek ketersediaan jaringan air bersih di kompleks perumahan warga itu. Apalagi, jaringan air bersih sudah dibangun oleh BPBD Kabupaten Jayapura.

Kemudian langkah selanjutnya, pihaknya hanya akan melakukan sambungan air bersih untuk 300-an rumah warga tersebut. Sambungan rumah instalasi air bersih ini akan dipasang dari jaringan distribusi yang dibangun oleh BPBD kabupaten Jayapura itu.

“Jika dilihat dari debit airnya, itu bisa disalurkan untuk 400-an sambungan rumah, tetapi dengan melihat jangkauannya bisa saja terjadi defisit. Makanya kami tadi usulkan agar harus dibangun bak penampungan dulu, ada reservoar yang bisa menampung dan juga bisa mengurangi sedimentasi,” katanya.

Entis Sutisna mengatakan, alokasi anggaran yang digunakan untuk sambungan air bersih untuk 300 pelanggan baru PDAM korban banjir bandang itu senilai Rp 495 juta.

Namun demikian, imbuh Entis Sutisna, untuk pemasangan sambungan rumah ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis, namun ke depan akan menjadi tanggungan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Dengan adanya kerjasama antara PDAM dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura, baik melalui Dinas PU bisa mempercepat proses isolasi atau aliran air ke rumah-rumah warga yang sudah selesai dibangun. Mulai besok, PDAM akan melakukan kunjungan ke lapangan dan minggu ini kita akan melakukan pemasangan sambungan air bersih ke rumah warga dan membantu membenahi distribusinya yang ada di kompleks tersebut,” imbuhnya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *