Pemkab Mamberamo Raya Bentuk Gugus Tugas Cegah Virus Corona

  • Whatsapp
Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya secara resmi telah membentuk Gugus Tugas untuk pencegahan penyebaran virus Corona atau COVID 19 di Tanah Seribu Misteri Sejuta Harapan.

Bacaan Lainnya

Pembentukan Gugus Tugas itu, dilakukan dalam rapat yang dipimpin langsung Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos didampingi Sekda Mamberamo Raya, Suwita, SSos, MEc.Dev yang dihadiri sejumlah pimpinan OPD di Swiss-Belhotel Papua, Kota Jayapura, Senin, 23 Maret 2020.

“Ya, kami baru membentuk Gugus Tugas Pencegahan Virus Corona atau COVID 19 ini,” kata Bupati Dasinapa usai rapat kepada Papuaterkini.com.

Menurutnya, virus Corona itu sangat berbahaya dan penyebarannya cukup massif, sehingga pihaknya berupaya untuk mencegah agar Mamberamo Raya tidak terkena virus Corona tersebut.

Apalagi, lanjutnya, Kabupaten Mamberamo Raya tertinggal dalam berbagai aspek, seperti infrastruktur, transportasi dan terutama sarana prasarana kesehatan yang sangat terbatas.

“Suka tidak suka, kami harus membentuk Gugus Tugas ini, untuk mengambil langkah dan mengatasi permasalahan ini,” tandasnya.

Apalagi, kata Bupati Dasinapa, sudah ada instruksi Presiden RI agar seluruh daerah di Indonesia untuk segera melakukan berbagai upaya pencegahan hingga 17 April 2020. Namun, tentu melihat perkembangannya.

“Yang jelas, pembentuk Gugus Tugas ini, untuk menjaga masyarakat di Mamberamo Raya agar tidak terdampak penyebaran virus Corona, agar jangan masuk ke daerah yang tertinggal ini, sehingga perlu langkah-langkah konkrit untuk mengantisipasinya, terutama pencegahan,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya telah meminta kepada Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan instansi terkait lainnya dalam upaya pencegahan terhadap penyebaran virus Corona itu.

Bahkan, Dinas Kesehatan telah melakukan upaya penyemprotan disinfektan ke sejumlah perkantoran, termasuk KM Cantika Lestari yang sandar di Pelabuhan Kasonaweja.

“Jangan sampai virus Corona ini masuk. Apalagi, masyarakat kita dengan budaya berkelompok. Nah, ini sangat rawan, sehingga diantisipasi melalui pembentukan Gugus Tugas ini. Besok, kami lanjutkan rapatnya,” ujarnya.

Bupati Dasinapa mengimbau kepada masyarakat Mamberamo Raya untuk mengantisipasi hal itu, bersama-sama dengan semua stakeholder dalam pencegahan ini.

“Ikuti imbauan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah. Jadi, bukan berarti mereka tinggal terima pelayanan, tapi mereka juga menjaga dan mengikuti imbauan dan langkah-langkah yang diambil pemerintah untuk berpartisipasi, jangan sampai virus masuk ke daerah ini,”  imbuhnya.

Ditanya kesiapan rumah sakit untuk mengantisipasi pasien Corona? Bupati Dasinapa mengakui telah mengantisipasi dan menyiapkan sarana dan prasarana kesehatan, termasuk menyediakan ruang isolasi dan lainnya.

“Itu termasuk Kepala Dinas Kesehatan melakukan penyemprotan disinfektan di kapal, puskesmas dan lainnya. Bahkan, sekolah-sekolah nanti juga akan disemprot diinfektan, termasuk tempat keramaian juga akan dilakukan termasuk menyiapkan tempat cuci tangan atau disinfektan misalnya di tempat sandarnya speed dan lainnya,” pungkasnya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *