Presiden Jokowi Akan Tinjau Venue PON XX, Mathius Awoitauw: Persiapan Capai 95 Persen

  • Whatsapp
Ketua Umum Sub PB PON XX yang juga Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si

SENTANI, Papuaterkini.com  – Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo bakal berkunjung ke Papua untuk meninjau persiapan venue PON XX Papua dalam waktu dekat ini.

“Ya, kami sudah siap untuk kunjungan bapa Presiden kalau beberapa venue yang penting sudah. Tinggal sarana dan prasarana pendukung. Misalnya, air di (venue) situ bagaimana apakah ada yang kurang lancar, lampu-lampu dari jalan raya masuk ke (venue) situ. Hal itu saja yang tadi kita cek kembali dan harus selesaikan,” kata Ketua Sub PB PON Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi, usai melakukan rapat bersama ketua-ketua bidang yang ada di Sub PB PON XX Kabupaten Jayapura, Sentani, Selasa, 24 Agustus 2021.

Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura ini, semua persiapan terus berjalan, meski di tengah pandemi Covid-19. Apalagi, dalam waktu dekat ini, Presiden RI Joko Widodo akan datang mengunjungi Papua untuk meninjau venue PON XX Papua dan pelaksanaan PON XX di Papua harus disukseskan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo.

“Tadi kami sudah komunikasi dengan provinsi supaya hari ini bisa diskusi bersama dengan provinsi, untuk rapikan hal-hal itu saja. Seperti di sekitar dapur umum, air dan lampu,” ujarnya.

Mathius Awoitauw mengungkapkan, persiapan arena PON XX Papua Klaster Kabupaten Jayapura berikut sarana dan prasarana pendukungnya mencapai 95 persen.

Menurutnya, saat ini proses pengerjaan hanya tinggal menyelesaikan sisa sarana dan prasarana pendukungnya saja.

“Secara keseluruhan sudah 90 persen lah, mungkin sudah capai 95 persen. Tinggal hal-hal yang tadi saja,” katanya.

Klaster Kabupaten Jayapura nantinya akan menjadi tuan rumah pembukaan dan penutupan penyelenggaraan PON XX Papua Tahun 2021 dengan 14 cabang olahraga (Cabor) dan 21 disiplin olahraga.

Meskipun sudah capai 95 persen, Mathius Awoitauw menambahkan, ada beberapa hal penting lain di sarana dan prasarana yang harus dicek kembali dan segera diselesaikan.

Terkait dengan konsumsi, menurut Bupati Awoitauw, dana untuk konsumsi sampai sekarang belum ada dari dana APBN.

“Kemudian juga tentang akomodasi, tetapi kita berharap dalam waktu tidak terlalu lama bisa selesai. Ya, semoga pa presiden datang bisa bawa berita bagus, karena itu semua dana dari APBN,” imbuhnya. (irf)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *