Puluhan Qori – Qoriah Ramaikan MTQ V Tingkat Kabupaten Mamberamo Raya

  • Whatsapp
Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos diwakili Sekda Mamberamo Raya, Suwita, SSos, MEc.Dev membuka MTQ ke V Tingkat Kabupaten di Masjid Al Ikwan, Kasonaweja, Jumat, 6 Maret 2020.

BURMESO, Papuaterkini.com – Puluhan Qori dan qoriah turut meramaikan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke V Tingkat Kabupaten Mamberamo Raya yang berlangsung di Masjid Al Ikwan, Kasonaweja, 6 – 8 Maret 2020.

MTQ ke V Tingkat Kabupaten Mamberamo Raya ini, dibuka secara langsung oleh Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos diwakili Sekda Mamberamo Raya, Suwita, SSos, MEc.Dev bersama Kepala Kantor Kemenag Mamberamo Raya, Rikson Pakpahan, Asisten III, Asmuruf, Ketua Umum LPTQ Mamberamo Raya, Yusuf Mayabubun dan Perwira Penghubung Kodim Sarmi dan Kadistrik Mamberamo Tengah, Eduard Tasti.

Dalam sambutannya, Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos yang dibacakan Sekda Mamberamo Raya, Suwita SSos, MEc.Dev mengapresiasi kepada LPTQ yang telah menyiapkan MTQ ke V ini melalui panitia pelaksana sehingga dapat terlaksana dengan baik.

Melalui MTQ ke V di Bumi Seribu Misteri Sejuta Harapan ini, Bupati Dasinapa mengajak untuk merefleksi, berdzikir dan bertafakur untuk membangun akhlak yang lebih baik.

“Saya harap dan ingatkan, kegiatan ini jangan hanya seremonial saja. Tapi harus bermusabaqoh (berlomba) menunjukkan kualitas yang terbaik. Bukan hanya dalam arena MTQ tapi juga berlomba dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi yang terbaik akhlaknya dan amalnya,” katanya.

Melalui MTQ ini, Bupati Dasinapa berharap melahirkan generasi-generasi yang mempunyai kecerdasan spiritual, kecerdasan social dan kecerdasan moral sebagai modal untuk membangun bangsa khususnya membangun Kabupaten Mamberamo Raya.

“Saya mengajak semua agama yang ada di Mamberamo Raya untuk saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lainnya sehingga kerukunan umat beragama dan pelaksanaan kegiatan keagamaan dapat terjaga dengan baik,”  imbuhnya.

Ketua Panitia MTQ ke V, H Idrus mengakui jika ada puluhan peserta qori dan qori’ah yang ikut memeriahkan ajang MTQ ke V ini. Mereka akan mengikuti lomba cabang Tilawah Qur’an, cabang Hafizh Qur’an, Cabang Syarl Al-Qur’an, Fahmil Al Qur’an dan lainnya.

Ketua Umum LPTQ Kabupaten Mamberamo Raya, Yusuf Mayabubun mengakui tidak semua distrik mengikuti MTQ ke V tingkat Kabupaten Mamberamo Raya ini.

“Ya, tentunya pelaksanaan MTQ ke V ini menjadi angina segar bagi umat Islam untuk memahami dan mencintai Al Qur’an sebagai petunjuk hidup menuju peradaban yang mulia,”  katanya.

Yusuf Mayabubun menambahkan, MTQ ke V ini untuk menyeleksi qori dan qori’ah terbaik yang akan diutus mewakili Kabupaten Mamberamo Raya pada pelaksanaan MTQ ke 28 tingkat Provinsi Papua di Kota Jayapura, April 2020.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamberamo Raya, Rikson Pakpahan menambahkan, jika Al Qur’an merupakan kitab suci yang sarat inspirasi dan motivasi agar umat manusia memperluas wawasan dalam ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak dan menciptakan generasi Al Qurani yang handal dan berakhalkul karimah.

“Untuk itu, salah satu upaya umat Islam berfungsi demikian ialah dengan melaksanakan MTQ ke V di Mamberamo Raya, karena bertujuan untuk mensiarkan agama Islam, oleh karena itu kami dari pemerintah menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dalam penyelenggaraan MTQ ini,”  imbuhnya. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *