Paslon Bupati Mimika nomor urut 2, Robertus Waraopea, SH – Alberth Bolang, SH, MH memberikan keterangan pers di Hotel Aston Jayapura, akhir pekan kemarin.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pasangan calon Bupati Mimika nomor urut 2 dari jalur independent atau perseorangan, Robertus Waraopea, SH – Albert Bolang, SH, MH tampaknya optimis bisa memenangkan Pilkada serentak di Kabupaten Mimika.

Apalagi, figur calon Bupati Mimika, Robertus Waraopea merupakan anak asli Kamoro yang saat ini memimpin Lemasko (Lembaga Masyarakat Adat Suku Kamoro) dan memimpin LPMAK (Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro).

Untuk itu, pasangan calon Bupati Mimika yang akrab disapa RnB ini mengusung spirit bahwa saatnya anak Kamoro memimpin Kabupaten Mimika dalam lima tahun ke depan.

Calon Bupati Mimika, Robertus Waraopea mengatakan, jika pihaknya berkomitmen untuk melaksanakan Pilkada Damai di Mimika.

“Ya, kami berkomitmen untuk mewujudkan Pilkada Damai itu di Mimika,” kata Robertus Waraopea dalam pers conference di Hotel Aston Jayapura, akhir pekan kemarin.

Terkait Mimika selama ini sering kali terjadi konflik, Robertus berharap KPU Mimika sebagai penyelenggara menjunjung tinggi aturan, begitu juga paslon dan tim sukses mengikuti aturan yang ada dan jika ada hal yang tak sesuai dapat menempuh jalur hukum.

“Kesadaran masyarakat juga harus ada dan penegak hukum harus cepat bertindak dan berposisi netral,” imbuhnya.

Sementara itu, calon Wakil Bupati Albert Bolang menambahkan jika nomor urut 2 yang diperoleh pasangan RnB ini, merupakan simbol perdamaian dan kemenangan.

“Ini menjadi spirit kami untuk Pilkada damai dan kemenangan. Jadi  kami ada dua pesan disini jadi untuk rakyat Mimika bahwa ada kedamaian tentunya ada kemenangan dan kemenangan ini adalah kemenangan rakyat Mimika ke depan,” ujarnya.

Yang jelas, Albert Bolang mengaku optimis akan menang dalam Pilkada di Mimika. Apalagi, figur calon Bupati adalah anak asli Suku Kamoro yang merupakan daerah dataran terbesar di Mimika.

“Beliau adalah Ketua  Lemasko dan LPMAK. Jadi gunung dan pantai,  saya sangat yakin keterpilihan beliau sebagai pimpinan di dua  lembaga adat ini mewakili dua suku ini  kita akan mendapatkan simpati yang  luar biasa dari 5 suku pendamping  kekerabatan dan kemudian Nusantara,” katanya.

Bolang mengatakan, dengan latar belakang itu, pasangan RnB yang berlatar belakang hukum ini, tentu yang diidamkan masyarakat disana adalah sebuah kepastian hukum karena terjadi konflik itu akibat dari sebuah ketakpastian hukum yang terjadi  disana.

“Sangat optimis kita bisa memenangkan ini tetapi walaupun demikian kita sangat menghargai dan menghormati lawan politik kita. Karena mereka juga adalah putra-putra terbaik  yang memang sudah menjadi bagian harapan juga masyarakat disana,” katanya.

Ditambahkan, dengan tampilnya Albertus Waraopea dalam Pilkada Mimika, yang merupakan sosok muda dari putra suku Kamoro akan memimpin Mimika lima tahun ke depan, setelah sebelumnya ada sosok bupati dari Amungme.

“Nah, di sana sedikit ada kesepakatan bahwa  waktunya untuk masyarakat Kamoro untuk memimpin  Kabupaten Mimika kedepan,” imbuhnya. (bat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here