JAKARTA  – Akhirnya,  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) resmi mengumumkan rekomendasi pasangan calon (paslon) yang akan bertarung pada pemilihan gubernur (Pilgub) Papua 2018.

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mengatakan, partai mengusung pasangan John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae untuk maju dalam Pilgub Papua.

“Untuk Papua, John Wempi Wetipo (JWW) dan Habel Melkias Suwae (HMS),” kata Megawati, di Kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) PDIP, Menteng, Jakarta, Kamis (4/1) seperti dilansir iNews.id.

Megawati menjelaskan, keputusan memilih John Wempi karena kampanye Papua Cerdas yang terus disuarakannya. Apalagi, dia pernah mendapatkan penghargaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perihal laporan harta kekayaan serta penghargaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengelolaan keuangan 2017.

Sementara pemilihan Habel Melkias Suwae sebagai bakal calon wakil gubernur Papua, karena dinilai sangat berpengalaman dengan menjabat sebagai Bupati Jayapura selama dua periode.

Megawati berharap kedua pasangan yang diusung itu dapat merealisasikan percepatan pembangunan di Bumi Cenderawasih.

“Semoga kedua paslon yang dipilih rakyat itu, dapat menjadi pasangan gubernur dan wakil gubernur yang bisa merealisasikan percepatan pembangunan di Papua, terutama bidang pendidikan,” tuturnya.

Selain mengumumkan pasangan yang diusung di Pilkada Papua, PDIP juga memberikan rekomendasi cagub-cawagub di pilkada daerah lainnya, yaitu Maluku Utara, NTB, dan Lampung.

PDI Perjuangan resmi mengusung John Wempi Wetipo dan Habel Melkias sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Papua. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut keduanya dipilih karena memiliki banyak prestasi saat menjadi bupati di Papua.

“Panggilannya Bung JWW. Semboyannya Papua Cerdas. Belajar dari kesederhanaan Bung Karno dan pendidikan adalah kunci bagi kemajuan Papua,” kata Megawati.

JWW juga yang menjadi inisiator Festival Budaya Lembah Baliem, sehingga wisatawan asing datang ke Papua.

Untuk wakilnya Mega memilih Habel Melkias Suwae, mantan Bupati Jayapura yang memimpin dua periode tahun 2001 hingga 2011. Politisi Golkar ini juga pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura.

“Pak Habel Melkias ini guru sekolah dasar, lahir tahun 1952,” kata Mega.

Mega menyebut Habel sukses dengan program pemberdayaan masyarakat hingga akhirnya dibukukan. Program ini membuat banyak pihak magang ke Pemda Jayapura.

Mega berharap dengan dua calon ini Papua bisa lebih maju. Yang disoroti Mega adalah soal pendidikan dan olah raga di Papua.

“Olah raga di Papua, banyak fisiknya bagus. Ada atletik, sepak bola, dan lain-lain. Dengan beliau menjadi pemimpin di Papua, Papua bisa maju di bidang pendidikan dan olah raga,” imbuhnya. (bat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here