Sukses Administrasi PON XX Papua, PCW Minta Segera Diaudit

  • Whatsapp
Koordinator Hukum PCW, Taufic, SH.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pasca penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih, Papua Corruption Watch (PCW) mengingatkan kepada pihak terkait bahwa sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi memang sudah tercapai dengan angka yang memuaskan.

Namun,  PCW juga mengimbau agar segala persoalan terkait administrasi juga dapat mengikuti raihan sukses yang sama pada penyelenggaraan PON XX Papua. Sebagaimana diketahui bersama bahwa rangkaian proses administrasi masih terus berlangsung, hingga laporan pertanggungjawaban PON XX Papua 2021 dikeluarkan.

“Sebelum LPJ PON XX Papua 2021 nanti disampaikan, PCW meminta agar lembaga berwenang seperti Badan Pemeriksa Keuangan dapat melakukan audit terhadap segala sesuatunya yang berkenaan dengan persiapan dan penyelenggaraan PON,” kata Koordinator Hukum Papua Corruption Watch (PCW), Taufic, SH kepada Papuaterkini.com, Selasa, 19 Oktober 2021.

Apalagi, kata Taufic, diketahui bahwa penyaluran biaya PON XX Papua menggunakan berbagai skema, baik transfer langsung ke APBD Provinsi Papua maupun belanja langsung kementerian/lembaga.

Khusus soal APBD, biaya PON XX Papua disalurkan melalui skema Dana Tambahan Infrastruktur (DTI), Dana Otonomi Khusus (Otsus), Dana Bagi Hasil (DBH), hingga Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.

Untuk itu, lanjut Taufic, PCW meminta agar seluruh skema diatas dapat dilakukan audit demi tercapainya akuntabilitas dan transparansi keuangan atas kegiatan PON.

Bahkan, ujar Taufic,  PCW juga bersedia untuk membantu melakukan pemantauan dan turut menjadi bagian dalam melakukan audit secara komprehensif dan mendalam.

PCW berharap tidak terjadi masalah dalampertanggungjawaban atas setiap dana yang dikucurkan pada perhelatan PON XX Papua 2021.

“Mari kita kawal bersama dan jaga bersama, agar Papua menjadi tuan rumah yang sukses secara penyelenggaraan, ekonomi, prestasi, dan juga administrasi. Torang Bisa!,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, kata Taufic, PCW mengucapkan selamat kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Panitia Besar PON XX Papua 2021 yang telah berhasil menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional di tanah Papua.

“Keberhasilan ini merupakan jalan panjang penuh liku yang patut diberikan apresiasi besar atasnya,” katanya.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada para atlet Provinsi Papua yang telah membawa tanah kebanggaan kita bersama melesat di peringkat ke 4 pada table perolehan medali PON XX Papua 2021,” sambungnya.

Sebab, imbuh Taufic, hal ini membuktikan bahwa Papua merupakan daerah yang penuh potensi dan diselimuti oleh orang-orang yang berprestasi. (bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *