Support Ekspor Sektor Perikanan, Tiga Menteri Kunjungi Biak

  • Whatsapp
Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, SSi, MPd berbincang dengan Menteri Keluatan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono di Bandara Frans Kaisiepo, Selasa, 5 Oktober 2021, malam.

BIAK, Papuaterkini.com – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono  bersama rombongan telah datang lebih awal di Bandara Frans Kaisiepo, Biak Numfor, Selasa, 5 Oktober 2021, malam.

Rabu, 6 Oktober 2021, hari ini, Menteri KP diagendakan akan menunjungi sejumlah fasilitas sektor perikanan, termasuk mengunjungi Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT.

Tak hanya itu, sesuai dengan rencana Menteri Sakti juga akan meninjau langsung lokasi yang akan dijadikan tempat pembangunan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi yang rencananya akan mulai dibangun tahun 2022.

Kunjungan Menteri KP ke Biak Numfor tak hanya akan memberikan support dan dukungan terhadap ekspor komoditas perikanan, namun juga terkait langsung dengan rencana pembangunan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi dan pengembangan SKPT Biak dalam mendukung ekspor.

Siangnya, Menteri Sakti diagendakan akan mendampingi Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan melihat langsung dari dekat sejumlah infrastruktur penunjang sektor perikanan. Tak hanya itu, juga akan melihat beberapa lokasi yang akan dijadikan alternatif Pelabuhan Perikanan Terintegrasi bertaraf internasional yang rencananya akan dibangun tahun 2022.

Rencananya, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi juga akan datang berkunjung ke Biak Numfor. Ia akan tiba bersama Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.

Adapun lokasi yang akan dikunjungi itu diantaranya, kawasan-kawasan untuk pengembangan sarana dan prasana sektor periakanan, fasilitas kargo bandara Frans Kaisiepo Biak, peninjauan Pelabuhan Umum Biak, KSOP Biak dan PT. Pelindo IV, Penijaun Pelabuhan BMS, Peninjauan fasilitas Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT) dan sejumlah agenda lainnya.

Kunjungan Menteri Kelautan dan Perikanan ke Kabupaten Biak Numfor merupakan suatu tidaklanjut dari kunjungan Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, SSi, MPd ke Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, kedatangan Menteri KP ke Biak Numfor merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah pusat dalam mendorong pengembangan sektor perikanan dan kelautan. Pasalnya, tak hanya akan melakukan kunjungan begitu saja, namun sejumlah program akan ditindaklanjuti pembangunan di Kabupaten Biak Numfor, termasuk mendorong ekspor komoditas perikanan terus ditingkatkan, serta dibukanya industry perikanan.

“Kunjungan Menteri KP ke Biak dilakukans setelah kami untuk kesekian kalinya membangun komunikasi, termasuk datang langsung di kantornya di Jakarta. Beliau juga akan melihat langsung lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi pembangunan Pelabuhan Perikanan Terintegrasi, kita berharap industry perikanan di Biak Numfor kedepan kejaannya kembali,” pungkas Bupati Herry Ario Naap. (*/bat)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *