Calon Wakil Gubernur Papua, Habel Melkias Suwae ngopi bersama para sopir di Bandara Mopah, Merauke, Minggu (11/3).

MERAUKE, Papuaterkini.com – Tiba di Bandara Mopah Merauke Calon Wakil Gubernur Papua,  Habel Melkias Suwae disambut hangat para warga yang berada sekitar areal bandara tersebut.

Pantauan media ini, warga yang sementara menunggu di ruang kedatangan, langsung berebut menyalami calon Wakil Gubernur Papua berpasangan dengan John Wempi Watipo ini, saat HMS begitu akrab disapa keluar dari pintu kedatangan bandara Mopah Merauke sekitar pukul 11.00 WIT.

Bahkan,  warga lain berebut posisi untuk mengambil foto bersama mantan Bupati Jayapura dua periode ini. Rupanya, oleh warga Merauke sosok HMS tidaklah asing lagi.

Mama Yosepa mengaku kaget melihat sosok calon wakil Gubernur Papua yang berada tepat didepannya saat dirinya bersama anaknya di areal cofe Bandara Mopah.

“Saya kaget lihat beliau.   Beliau bukan orang baru bagi kami. Dan melihat di beberapa pemberitaan media dan spanduk yang terpasang di Merauke jika bapak maju jadi calon Wakil Gubernur Papua,” katanya.

Kesempatan itu kemudian tidak dilewatkan olehnya untuk berfoto bersama.  “Kapan lagi, saya kiranya bisa berfoto dengan bapak.  Beliau orang yang ramah dan murah senyum,” katanya atas kesan melihat HMS tersebut.

Tak hanya bersalaman dan berfoto bersama warga di sekitar areal bandara Mopah,  HMS juga berkesempatan bertemu dengan para sopir bandara Mopah Merauke.

Selain disambut antusias warga yang ada di Bandara Mopah, Merauke, Habel juga diserbu oleh para sopir bandara saat berada di areal cafe bandara tersebut.

Para sopir bandara ini menemui Habel Mekias Suwae yang akrab disapa HMS itu untuk menyampaikan beberapa aspirasi yang menurut mereka penting untuk disampaikan kepada calon Wakil Gubernur Papua.

Sambil istirahat sejenak dan menikmati kopi usai penerbangan Jayapura – Merauke, HMS terlihat santai berbincang dan berdikusi dengan para sopir bandara tersebut yang menemuinya tersebut.

Ronald, perwakilan sopir Bandara Mopah mengatakan, pertemuannya dengan HMS adalah spontanitas bersama para sopir yang lain.

“Kebetulan kami melihat beliau datang dan langsung kami minta untuk kumpul bersama kami dulu,”kata Ronald, Minggu (11/3).

Para sopir bandara menyampaikan aspirasi kepada calon Wakil Gubernur Papua, Habel Melkias Suwae, saat tiba di Bandara Mopah, Merauke, Minggu (11/3).

Aspirasi yang disampaikannya bersama sekitar 20 sopir bandara Mopah tersebut terkait pemekaran wilayah di Papua Selatan.

“Temen-temen sopir bandara ini dan saya fikir semua warga Merauke mempunyai satu keinginan ke depan untuk ada pemekaran, yaitu pemerkaran empat wilayah di Papua Selatan tergabung dalam Provinsi Papua selatan. Karena dengan begitu, kami yakini akan ada peningkatan perekonomian dan segala macamnya akan meningkat,” kata Ronald.

Menjawab aspirasi itu, HMS mengaku jika pemekaran daerah merupakan salah satu visi dan misi dirinya bersama calon Gubernur Papua,  John Wempi Watipo. Habel bahkan menyebut program pemekaran telah digaungkannya sejak pencalonannya pada pilkada Gubernur 2012 lalu.

“Program ini saya sudah sampaikan saat saya maju pada Pilkada Gubernur 2012 lalu. Dan menurut saya kenapa tidak diperjuangkan? Kalau ini adalah aspirasi masyarakat,” ujarnya.

Warga yang ada di Bandara Mopah meminta foto bersama calon Wakil Gubernur Papua, Habel Melkias Suwae, Minggu (11/3).

Dikatakan, meski kewenangan Pemekaran adalah milik pusat, namun sebagai pemerintah provinsi berkewajiban mendorong hal tersebut terealisasi.

“Jadi saya pernah ngobrol sama anggota DPR-RI dapil Papua, Komurudin Watubun. Waktu itu dia katakan tidak pada moratorium atau pelarangan untuk pemekaran. Yang ada adalah evaluasi terhadap pemekaran yang telah ada. Jadi, provinsi berkewajiban mendorong pemekaran, jika ada yang kurang diperbaiki atau dilengkapi. Bukan sebaliknya,” pungkasnya. (bat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here