Relawan Noken Tifa Bersihkan Sampah di Pantai Dok II

Para Relawan Noken Tifa for LUKMEN Kota Jayapura membersihkan sampah di Pantai Dok II Jayapura, Rabu (6/6).

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Puluhan Tim Relawan Tifa Noken for LUKMEN melakukan aksi sosial dalam rangka untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan membersihkan sampah di sepanjang Pantai Dok II Jayapura, Rabu (6/6).

Tampak tim Relawan Tifa Noken for LUKMEN ini membersihkan kayu-kayu dan berbagai jenis sampah organik maupun anorganik yang berserakan di pinggir Pantai maupun di laut depan Kantor Gubernur Papua tersebut.

Ketua Tim Relawan Tifa Noken for LUKMEN Kota Jayapura, Elseba Pihahe mengatakan, jika kegiatan itu dilakukan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Internasional, Noken Tifa sepakat ambil bagian dalam peringatan tersebut dengan membuat gerakan bersih Pantai Dok II Jayapura.

Apalagi, kata Elseba, Pantai Dok II Jayapura ini, merupakan salah satu tempat favorit masyarakat Kota Jayapura untuk rekreasi atau sekedar nongkrong.

“Untuk itu, kita bersihkan Pantai Dok II Jayapura ini, agar terlihat lebih bersih dan tidak ada sampah yang dapat merusak pemandangan,“ katanya.

Kegiatan bersih Pantai Dok II Jayapura ini, lanjutnya, juga memberikan pesan untuk masyarakat di Kota Jayapura khususnya untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di sekitar, dengan membudayakan hidup bersih dari lingkungan sekitar demi anak cucu nanti.

Apalagi, ujar Elseba, isu lingkungan ini, terutama di Papua, karena menjadi paru-paru dunia dengan hutannya yang sangat luas.

“Jadi, yang kami sampaikan pesan moral untuk senantiasa menjaga lingkungan hidup tetap lestari, termasuk menjaga hutan, terus menanam pohon dan lainnya,“ imbuhnya.

Relawan Noken Tifa for LUKMEN mengangkat kayu yang berserakan di Pantai Dok II Jayapura, Rabu (6/6).

Ketua Umum Relawan Noken Tifa for LUKMEN Provinsi Papua, Alex Baransano mengajak masyarakat Papua untuk menjaga lingkungan hidup, termasuk iklim dunia.

“Secara khusus di Papua, kita harus menjaga lingkungan ini, agar tetap hijau, bersih dan lestari. Jaga hutan, jaga pantai, hutan bakau dan lainnya demi anak cucu kita ke depan,“ ujarnya.

Ditambahkan, untuk menjaga lingkungan hidup ini, bukan hanya dilakukan pada saat peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia saja, tetapi harus kontinue dilakukan setiap hari.

“Termasuk jangan buang sampah sembarangan. Noken Tifa ini, memberikan suatu dorongan agar komponen lain turut menjaga lingkungan,“ imbuhnya. (bat)

 

 

Tinggalkan Balasan