Panja Komisi I DPR Papua Segera Sosialisasikan Revisi Perdasus 14 Kursi Pengangkatan

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Panitia Kerja (Panja) Komisi I DPR Papua bakal melakukan sosialisasi terhadap materi revisi peraturan daerah khusus (Perdasus) Nomor 6 Tahun 2014tentang Rekrutmen Anggota DPR Papua melalui Pengangkatan atau dikenal 14 kursi DPR Papua jalur pengangkatan.

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long mengatakan, jika Bapemperda DPR Papua telah membahas 13 rancangan peraturan daerah provinsi (Raperdasi) dan raperdasus, bersama dengan eksekutif.

“Jadi, salah satu yang akan kita lakukan uji publik atau sosialisasi di lima wilayah adat di Provinsi Papua itu, adalah raperdasus perubahan dari Perdasus Nomor 6 Tahun 2014 tentang Rekrutmen Anggota DPR Papua melalui Mekanisme Pengangkatan,” kata Tan Wie Long, Senin, 1 Juli 2019.

Diakui, dalam perubahan Perdasus Nomor 6 tahun 2014 tentang Rekrutmen Anggota DPR Papua melalui Mekanisme Pengangkatan itu, ada beberapa perubahan pada beberapa pasal.

Di dalam isi materi pasal per pasal itu, jelas Along, sapaan akrab politisi Partai Golkar ini, sebenarnya ada perubahan dimana pertama adalah kewenangan terkait panitia seleksi, itu tidak lagi dilakukan oleh DPR Papua.

“Tetapi diserahkan sepenuhnya kepada eksekutif dengan akademisi, tokoh adat atau tokoh agama,” katanya.

Kedua, lanjut Along, yang direvisi adalah tahapan-tahapan dari tingkatan penerimaan calon anggota DPR Papua yang lebih diperpendek. Sebab, dulu dimulai dari tingkat distrik dan kabupaten, namun sekarang tidak lagi, namun semua diserahkan ke tingkat kabupaten. Tetapi, tingkat kabupaten membuka penerimaan seleksi dan ditingkat provinsi juga akan dibuka juga.

“Jadi, tidak lagi melalui daerah pengangkatan wilayah adat. Jadi, semua terstruktur lebih pendek. Ada tingkat kabupaten dan juga provinsi,” ujarnya.

Menurutnya, jika revisi Perdasus Nomor 6 tahun 2014 itu, sudah direspon positif, maka DPR Papua berkomitmen agar teman-teman dari DPR Papua hasil pengangkatan ini, nantinya bersamaan pelantikannya dengan anggota DPR Papua dari partai politik, yakni Oktober 2019.

Untuk itu, Komisi I DPR Papua akan melakukan sosialisasi terhadap revisi Perdasus Rekrutmen Anggota DPR Papua melalui Mekanisme Pengangkatan itu kepada stakeholder.

“Jadi, kami dari Komisi I DPR Papua, saya sendiri dari Panja Komisi I DPR Papua akan mensosialisasikan di Asrama Mamberamo Raya, Padang Bulan, Waena, Selasa, 2 Juli 2019,” kata Bendahara Fraksi Partai Golkar DPR Papua ini.

Ditambahkan, dalam sosialisasi itu, pihaknya akan mengundang mahasiswa, tokoh adat, tokoh masyarakat untuk mensosialisasikan revisi perdasus itu, agar mendapatkan masukan. (bat)

 

Leave a Response