Gelar Sejumlah Lomba Semarakkan HUT RI, Anggota DPR Papua Beatrix Monim Ajak Tanamkan Semangat Nasionalisme

Lomba makan kerupuk yang meriah diikuti anak-anak di Kompleks Kelurahan Trikora disaksikan Anggota DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, SE, Sabtu, 13 Agustus 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Lomba makan kerupuk menjadi moment yang ditunggu anak-anak di Kelurahan Trikora Dok V, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Sabtu, 13 Agustus 2022. Bahkan, puluhan anak-anak bersuka cita mengikuti lomba makan kerupuk dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77 yang digelar Kelurahan Trikora dan disponsori oleh Anggota DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, SE.

Setidaknya, ada sejumlah lomba yang digelar Ketua Komisi IV DPR Papua, Herlin Beatrix Monim bertajuk ‘Gebyar Indonesia Merdeka’ ini, diantaranya selain makan kerupuk kategori anak dan ditambah hiburan diikuti juga para ketua RT, lomba menggambar kategori umur 13 – 16 tahun, lomba menyanyi kategori umur 6 – 8 tahun, 9 – 12 tahun dan 16 – 22 tahun.

Juga bakal dimeriahkan lomba panjat pinang kategori dewasa yang digelar memeriahkan pada puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI, tepat 17 Agustus 2022.

Anggota DPR Papua, Herlin Beatrix Monim, SE mengakui jika berbagai lomba dalam memeriahkan HUT RI ke 77 ini, dari diskusi singkat bersama warga agar anak-anak di Kompleks Kelurahan Trikora bersuka cita merayakan HUT Kemerdekaan RI.

“Ada yang berangkat dari cerita kita bahwa kesan perayaan 17 Agustus yang dulu zaman kita sangat meriah, tapi mulai terkikis dan tergesar. Karena apa? nilai – nilai kebersamaan dan persaudaraan mulai terkikis di era digital ini. Semua mulai sibuk dengan HP-nya masing-masing, akhirnya agak susah berkumpul dan bermain bersama, padahal dulu kebersamaan dan persaudaraan terbentuk lewat komunikasi diantara kita,” katanya.

Untuk itu, ujar Beatrix Monim, ia bersama warga menggagas kegiatan yang melibatkan lebih banyak anak-anak seperti lomba makan kerupuk, menggambar dan menyanyi solo. Kecuali, panjat pinang untuk dewasa yang digelar tepat 17 Agustus 2022.

Foto bersama Ketua Komisi IV DPR Papua, Herlin Beatrix Monim bersama panitia lomba HUT RI ke 77 dan anak-anak peserta lomba, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Yang jelas, lanjut Beatrix Monim, melalui kegiatan ini, pihaknya ingin membangun semangat dan jiwa nasionalisme anak-anak lewat kegiatan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 77. “Mungkin kegiatan kecil ini, namun saya lihat respon ibu lurah memperlihatkan bahwa ada kerjasama yang baik antar komponen masyarakat, baik kami di DPR Papua sebagai wakil rakyat dan pemerintah bersama-sama dengan masyarakat untuk bekerjasama dalam membangun semua elemen masyarakat dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Politisi Partai NasDem ini berharap melalui kegiatan kebersamaan ini, membuat Kelurahan Trikora menjadi contoh bagi kelurahan lain untuk bersama-sama membangun dan melibatkan masyarakat terutama dalam membangun jiwa nasionalisme di tengah situasi bangsa dan negara, terutama di Tanah Papua untuk membangun semangat kebersamaan dan nasionalisme sejak dini kepada anak-anak.

Lurah Trikora diwakili Kepala Seksi Pemerintahan Wilem Ansanay mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Anggota DPR Papua Herlin Beatrix Monim yang telah mensponsori untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di Kelurahan Trikora.

“Lomba ini bertujuan tentu bertujuan menanamkan semangat perjuangan kepada agar anak-anak sebagai generasi muda bangsa, apalagi dalam lomba menyanyi lagu kebangsaan, tentu ada pesan-pesan rasa nasionalisme dari dini,” imbuhnya.(bat)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *