Irjen Mathius Fakhiri: Jika Rakyat Membutuhkan Saya Memimpin Papua, Saya Siap

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Irjen Pol Mathius D Fakhiri akhirnya angkat bicara terkait kabar yang beredar ditengah-tengah masyarakat Papua bahwa ia akan maju sebagai calon Gubernur Papua pada Pilkada Serentak 2024.

“Kalau saya selaku Kapolda Papua disana disini banyak masyarakat yang menyampaikan, mengatakan mau ini, maka tentu secara pribadi, kalau itu masyarakat Papua membutuhkan saya hadir untuk mempimpin Papua, ya tentunya sebagai anak Papua saya akan siap mengambil tanggungjawab itu,” kata Mathius Fakhiri di Jayapura, Sabtu, 1 Juni 2024. 

Hanya saja, kata Mathius Fakhiri, sekarang ia tetap berjalan pada apa yang  ditugaskan untuk mempersiapkan itu, karena ini sangat penting.

Lebih lanjut, saat ini sudah masuk kepada pentahapan Pilkada, tentunya semua warga masyarakat, semua orang Papua mempunyai hak yang sama dalam mengikuti pesta demokrasi ini.

“Saya kemarin beberapa kali menyampaikan, saya kan masih Kapolda. Saya mempersiapkan pengamanan pemilu dan ini kita menuju kesana, kita siapkan dan kita melakukan pendekatan-pendekatan dengan semua kepala daerah khususnya provinsi dan saya minta para Kapolres di kabupaten/kota, supaya tahapan Pilkada bisa berjalan sebagaimana yang direncanakan oleh KPU baik provinsi maupun kabupaten/kota,” bebernya. 

“Nah, tentunya ini sedang berproses.  Banyak juga berita yang beredar siapa siapa yang mau maju menjadi pemimpin baik di kabupaten/kota termasuk khususnya kita di Papua induk ini ada 4 kepala daerah, 1 provinsi induk dan 3 DOB,” sambungnya.

Yang jelas, Mathius Fakhiri  menegaskan bahwa semua putra-putra Papua sesuai aturan undang-undang itu, mempunyai hak yang sama. Tentunya proses itu, harus dihormati dan dihargai.

“Saya minta berulang kali sesama anak Papua tidak boleh saling menjatuhkan, saling membunuh karakter, silahkan saja jalan,” tandasnya.

Fakhiri berharap Pilkada ini akan sama sebagaimana Pilpres dan Pileg, ada gejolak tetapi wilayah hukum Polda Papua, dalam keadaan aman.

“Saya berharap konstelasi yang ada di Pilkada juga bisa seperti itu,” katanya.

“Saya berharap kepada semua saudara saudara yang akan maju, kita jaga integritas moral kita. Kita tidak perlu lagi menghasut sana-sini, kita kembali ke masing-masing basic, kita persiapkan diri untuk bertanding,” imbuhnya. 

Fakhiri mengingatkan kepada masyarakat agar jangan membuat hal-hal yang menjadi kegaduhan, karena tentunya kalau ada kegaduhan, aparat kepolisian dibantu TNI tentu akan mengambil langkah-langkah tegas dalam melakukan penanganan, agar pilkada bisa berjalan sebagaimana pelaksanaan Pileg dan Pilpres.

“Sama-sama harus kita syukuri, Papua yang dianggap merah, bisa kita hadirkan, kalau saya katakan sebenarnya hijau.
Nah, kita harus bersyukur. Mari kita contoh pelaksanaan Pilpres dan Pileg, kita bergandengan tangan dalam perbedaan untuk seluruh Tanah Papua, khususnya di Papua dan 3 DOB untuk bergandengan tangan demi kemajuan Papua, kita bergandengan tangan untuk Papua Baru, Papua yang lebih hebat dan Tanah Papua bisa lebih sejahtera daripada yang kemarin,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *