Pilgub Papua, Dukungan untuk Mathius Fakhiri – Aryoko Rumaropen Terus Mengalir

Dukungan para tokoh paguyuban dan kerukunan untuk Mathius Fakhiri - Aryoko Rumaropen terus mengalir.
banner 120x600

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Mathius Derek Fakhiri dan Aryoko Rumaropen atau MDF-AR mendapat dukungan penuh dari para tokoh dan paguyuban yang ada di wilayah Kabupaten Keerom, Kabupaten Sentani, dan Kota Jayapura, Papua.

Ketua Umum Rukun Keluarga Pegunungan Tengah (RKPT) Kabupaten Keerom, Simon Kossay menyatakan Papua, khususnya Pegunungan Tengah yang mendiami Kabupaten Keerom merasa senang dengan majunya Mathius Fakhiri di Pilkada Papua 2024, sebab itu merupakan berkat dan karunia dari Tuhan.

“Kami 13 suku yang ada di Keerom sangat mendukung dan siap menangkan pak Fakhiri di Pilkada Papua. Kami akan selalu ada di belakang beliau, mau apapun yang terjadi, kami siap berada selalu di belakang beliau untuk mendukung penuh,” kata Simon Kossay di Keerom, Minggu, 25 Agustus 2024.

Simon Kossay menilai, Mathius Fakhiri adalah anak Labewa (Lahir Besar Wamena), sebab pernah bersekolah di Wamena, sehingga dengan komitmen dan semangat, ia setuju jika Mathius Fakhiri mencalonkan diri sebagai gubernur di Papua.

“Kami selama ini memang sedang menunggu-nunggu pemimpin seperti pak Fakhiri dan ternyata Tuhan sudah kabulkan apa yang kami mau. Semoga ke depan beliau menjadi pemimpin untuk mensejahterakan, jujur, dan adil kepada seluruh masyarakat Papua,” ujarnya.

Soal dukungan, tegas Simon Kossay, pihaknya sudah berkoordinasi dengan orang asli Papua (OAP), paguyuban, dan para tokoh untuk memberikan rekomendasi dukungan kepada Mathius Fakhiri.

“Semua calon baik, tapi kami sudah berkomitmen mendukung pak Mathius Fakhiri, sebab beliau cocok dan sudah terbukti sebagai pemimpin yang baik sehingga kami masyarakat bisa hidup damai dan rukun, yang mana ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pembangunan berjalan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Wilayah Adat Lapago Provinsi Papua, Agus Rawa Kogoya menyampaikan secara resmi mendukung Mathius Fakhiri.

“Kami siap mendukung beliau menjadi Gubernur Papua. Kami tidak ragu, besok ini Mathius Fakhiri pasti pimpin,” kata Agus Kogoya.

Untuk itu, Agus Kogoya meminta masyarakat Lapago yang ada di Provinsi Papua untuk tidak membelot, tetapi satu suara menghantarkan pak Fakhiri menuju 01 Papua (gubernur).

“Mari kita sama-sama mendukung bapak Fakhiri. Itu harga mati, tidak ada calon lain. Jadi, masyarakat tidak usah ragu-ragu,” tegasnya.

Hal senada dilontarkan Wakil Ketua II Himpunan Kerukunan Jawa-Madura (HKJM) Kabupaten Keerom, Qomarudin. Ia mengatakan, selama ini pihaknya mengenal Mathius Fakhiri ada sosok pemimpin yang sangat luar biasa.

“Beliau memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Artinya tidak pernah pandan suku, agama, ras dan lainnya. Berliau anggap semua sama atau satu kesatuan dalam bingkai NKRI,” kata pria yang akrab dipanggil Qomar.

Menurutnya, HKJM Keerom menilai Mathius Fakhiri adalah pemimpin hebat, sebab untuk menjaga keamanan di Papua selalu berdiri di depan untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah yang terjadi.

“Beliau tidak pernah bersembunyi ketika ada masalah, tetapi selalu berdiri di depan. Sosok pemimpin seperti ini yang masyarakat butuhkan dan HKJM sudah bulat dan berkomitmen mendukung beliau di Pilkada Papua,” ujarnya.

Senada disampaikan Ketua Pengurus Paguyuban Pasundan Kabupaten Keerom, Iwan Setiawan. Ia menilai Mathius Fakhiri adalah sosok pemimpin yang sangat ditunggu masyarakat untuk memajukan tanah Papua.

“Beliau adalah sosok yang bisa masuk ke semua tokoh di Papua karena beliau sendiri asli Papua,” kata Iwan.

Dengan melihat sepak terjang Fakhiri, ujar Iwan, beliau adalah pemimpin yang tepat untuk memimpin Papua ke depan.

“Khusus di Keerom beliau sangat didukung. Jadi secara organisasi paguyuban di Keerom kami mendukung penuh beliau untuk maju sebagai gubernur Papua,” ujarnya.

Untuk dukungan, kata ia, pihaknya sudah berkomunikasi dengan selurub paguyuban dan para tokoh untuk mensukseskan pilkada sekaligus mendukung Mathius Fakhiri menjadi Gubernur Papua 2024-2029.

“Kami di Keerom teggak lurus mendukung pak Fakhiri di pilkada. Kalau di presentasikan 100 persen mutlak untuk pak Mathius Fakhiri, sebab kami yakin beliau adalah pemimpin yang tepat,” tegasnya. (Tim MDF/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *