Paslon Bupati Sarmi Yanni – Jemmi Maban Banjir Dukungan Jelang Penetapan

Sekretaris Kerukunan Keluarga Wakatobi, La Bobi bersama pengurus foto bersama Bakal Calon Bupati Sarmi Yanni, SH, MH, MSos, usai mereka menyatakan dukungan, Minggu, 22 September 2024.
banner 120x600

SARMI, Papuaterkini.com – Menjelang penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sarmi oleh KPU, Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sarmi, Yanni – Jemmi Esau Maban justru banjir dukungan.

Dukungan itu, berasal dari Kerukunan Masyarakat Batak dan Kerukunan Keluarga Wakatobi yang disampaikan langsung di kediaman Yanni di Kota Ombak Sarmi, Minggu, 22 September 2024.

“Kami datang ini, dengan tujuan untuk menyatakan sikap bahwa kami khusus dari masyarakat Wakatobi siap mendukung pasangan ibu Yani – Jemmi Maban untuk menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sarmi periode 2024 – 2029,” kata Sekretaris Kerukunan Keluarga Wakatobi, La Bobi usai bertemu di kediaman Yanni.

La Bobi mengatakan jika dukungan terhadap pasangan bakal calon Bupati Sarmi Yanni – Jemmi Maban ini, merupakan hasil musyawarah mufakat internal dari Kerukunan Keluarga Wakatobi Kabupaten Sarmi.

“Jadi, bukan kami sembarang datang untuk menyatakan sikap mendukung Ibu Yanni – Jemmi Maban, tapi ini adalah hasil kesepakatan. Sebelum kami datang kesini, di dalam internal Kerukunan Keluarga Wakatobi, kami sudah duduk berembug untuk menyatakan sikap dan menentukan pilihan dan hasil keputusan itu, kami mendukung Ibu Yanni – Jemmi Maban untuk Bupati dan Wakil Bupati Sarmi dan Mathius Fakhiri – Aryoko Rumaropen untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Papua,” paparnya.

La Bobi mengungkapkan alasan masyarakat Wakatobi mendukung Yanni – Jemmi Maban, lantaran ia menilai syarat pengalaman di politik, apalagi Yanni sudah 4 periode jadi anggota DPR Papua.

“Ibu Yanni juga dia polos, bicara apa adanya. Meskipun banyak dihujat orang, namun beliau tegar. Dan, kami sangat percaya bahwa yang nanti bisa menjadi nahkoda Kabupaten Sarmi adalah Ibu Yanni. Sebab, seorang nahkoda itu harus bisa mencari muatan untuk kabupaten dan bagaimana caranya dia bisa menjual muatan di dalam kabupaten ini keluarga. Kami sangat percaya, itu Ibu Yanni akan menjadi Bupati Sarmi,” jelasnya.

Apalagi, Yanni merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Papua, tentu saja sejalan dengan Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto.

“Jadi, kami datang menyatakan sikap ini, bukan karena dipaksa, dirayu oleh orang lain. Tapi ini hasil dari hati kami sendiri dan hasil mufakat dari masyarakat Wakatobi di Kabupaten Sarmi,” ujarnya.

Soal dukungan untuk pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Mathius Fakhiri – Aryoko Rumaropen, juga diakui La Bobi sudah dilakukan mufakat dalam Kerukunan Keluarga Wakatobi di Kabupaten Sarmi.

“Iya, kami juga mendukung bapak Mathius Fakhiri – Aryoko Rumaropen di Pilgub Papua,” katanya.

Sebab, menurutnya, jika dari kabupaten, provinsi dan pusat dipegang oleh Partai Gerindra, maka tentu akan mempermudah dan memperbanyak berbagai program pembangunan di Kabupaten Sarmi, termasuk yang datang dari pusat.

“Itu saja. Kami tidak mau banyak berbelit-belit, kami mendukung MDF – Aryoko Rumaropen. Apalagi, MDF orangnya baik, saya pernah bersama beliau, beliau sederhana, meskipun beliau berasal dari aparat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bakal Calon Bupati Sarmi Yanni menyampaikan terimakasih atas dukungan dari masyarakat Batak dan Wakatobi di Kabupaten Sarmi.

“Dukungan itu sangat luar biasa, meski hari ini  kita tahu bahwa hari libur, tapi dari pagi datang dari Kerukunan Masyarakat Batak dan Kerukunan Keluarga Wakatobi, mereka menyampaikan dukungan kepada saya, sekaligus kepada bakal calon Gubernur Papua Mathius Fakhiri – Aryoko Rumaropen yang didukung oleh Gerindra,” kata Yanni.

“Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan, tentu saya akan berkomitmen amanah melaksanakan kepercayaan itu untuk Kabupaten Sarmi. Saya berharap pertemuan ini, menggema dan terus berkembang serta menjadi satu kesatuan yang kuat, Insya Allah kita bisa menang,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *