Pertamina Diminta Sediakan SPBU Khusus Nelayan di Pomako dan Sima


Anggota Komisi II DPR Papua, John NR Gobai berbincang dengan para nelayan di Pomako, Kabupaten Mimika, baru-baru ini.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Legislator Papua, John NR Gobai menilai harus ada pembukaan SPBU (Stasion Pengisian Bahan Bakar Umum) khusus nelayan di Pomako, Kabupaten Mimika dan Sima, Kabupaten Nabire.

Anggota Komisi II DPR Papua ini mengatakan, hal itu dalam upaya mengatasi kekurangan BBM untuk memenuhi kebutuhan nelayan di kedua daerah tersebut.

“Kami meminta kepada Pertamina MOR Papua, harus membangun sebuah Stasiun Pengisian BBM bagi nelayan di Pomako Kabupaten Mimika dan Sima, Distrik Yaur,  Kabupaten Nabire untuk kebutuhan nelayan di sana,” kata John Gobai, Rabu (21/2).

Dalam kunjungan ke daerah tersebut dalam minggu kedua bulan Februari 2018, John Gobai mengaku jika ia melihat ada kebutuhan BBM nelayan yang sangat sulit didapatkan di sana.

Apalagi, lanjut John Gobai, untuk mendapatkan BBM itu,  mereka harus datang membeli di kota dengan menempuh jarak belasan kilometer.

“Tentu ini sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, kami meminta Pertamina agar dapat membuat terobosan untuk membuka SPBU khusus nelayan,” katanya.

John Gobai juga melihat ada satu pemandangan yang dinilainya tak adil, dimana depot BBM milik PT Freeport Indonesia dapat diambil bebas oleh oknum aparat di mobil dinas mereka, tanpa dipungut biaya.

Sementara itu,  nelayan Kamoro harus bersusah payah mengeluarkan dana dan tenaga untuk dapat membeli BBM di Nawaripi. Mereka datang dari Pomako, Portsite, Pulau Karaka, Asmat, Kokonau, dan lainnya.

“Saya meminta agar Menteri Kelautan dan Perikan agar dapat berkoordinasi dengan Pertamina agar dapat disediakan Stasiun BBM khusus nelayan di Pomako dan Sima,” imbuhnya. (bat)

 

Tinggalkan Balasan