Maximus Tipagau Raih Penghargaan Top 10 Orang Terkemuka di Indonesia

Maximus Tipagau bersama 9 tokoh lainnya yang menerima penghargaan 10 top orang terkemuka berprestasi di Indonesia dari Infobank, di Jakarta, baru-baru ini.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dewan Editorial Infobank memberikan penghargaan kepada 10 Tokoh Terkemuka Terbaik tahun 2018 untuk tokoh nasional. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas kontribusi dan inspirasi bagi perkembangan ekonomi, sosial dan politik yang sangat positif bagi Indonesia.

“Kami menginginkan Indonesia yang lebih baik. Kami memilih 10 tokoh ini karena kami menghargai mereka untuk berkontribusi dan menginspirasi perkembangan ekonomi, sosial dan politik yang sangat positif bagi Indonesia melalui peran mereka masing-masing. Dan, kami ingin memberikan penghargaan kepada mereka,” kata Ketua Dewan Editor Infobank, Eko B. Supriyanto dalam release yang diterima papuaterkini.com, Senin (13/5).

Sepuluh tokoh nasional dengan berbagai latar belakang dipilih setelah berhasil menghapus rekam jejak puluhan tokoh nasional lainnya selama lima tahun terakhir, dari 2013 hingga 2018.

Sepuluh tokoh teratas adalah, Presiden RI, Joko Widodo, mantan Wakil Presiden RI periode 2009-2014, Boediono, Cendikiawan Muslim, Ahmad Syafii Ma‘arif, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, Gubernur NTB,  Muhammad Zainul Majdi, Presiden Komisaris BCA,  Djohan Emir Setijoso.

Selain itu,  Kepala RSPAD Gatot Subroto,  Terawan Agus Putranto, Pendiri GO-JEK,   Nadiem Makarim, Pemimpin Masyarakat Papua,  Maximus Tipagau dan Pemimpin Redaksi TVOne yakni Karni Ilyas.

Tokoh Masyarakat Papua, Maximus Tipagau saat memberikan sambutan pada pemberian penghargaan Infobank di Jakarta, baru-baru ini.

Setelah menerima penghargaan, Maximus Tipagau mengatakan, jika ia tak menyangka menerima penghargaan itu.Hanya saja, ia hanya terus berjuang untuk rakyat Papua.

“Saya mendapat penghargaan karena saya dinilai berjuang untuk rakyat Papua, lebih penting lagi di gunung, daerah pegunungan ini lebih sulit karena pendidikan tidak berkembang,“ kata Maximus Tipagau.

Apalagi, kata Maximus Tipagau,  jika berbicara kesehatan, pertumbuhan ekonomi nasional tidak berfungsi dengan baik. Lebih parah lagi, harga di gunung lebih mahal.

“Dalam keadaan seperti itu, saya adalah Maximus yang tidak memiliki posisi di Indonesia atau Papua. Tetapi saya memiliki kasih sayang serta melalui yayasan, saya dapat memotivasi dan bahkan lebih membantu saudara-saudara di Papua tanpa melihat perbedaan,” katanya.

Penghargaan itu, lanjut Maximus Tipagau, diharapkan akan terus mendorongnya utuk dapat lebih berdedikasi untuk bangsa dan negara secara lebih khusus di Papua.

Apalagi, kata Maximus, fakta bahwa dalam beberapa tahun terakhir, hampir semua proposal yang ia serahkan kepada pemerintah daerah atau lembaga pusat belum pernah dijawab sehingga baginya,  itu gagal maka ia lebih baik mencoba untuk bekerja sendiri.

“Dengan upaya itu saya dapat membantu saudara-saudari di Papua dan saya berhasil dengan itu. Saya pikir apa yang Tuhan inginkan bahwa saya dapat membantu orang saya di Papua,“ jelasnya.

Melalui Yayasan Somatua telah didirikannya secara resmi sejak 2008, hingga hari ini, kata Maximus, telah memberikan pelayanan kesehatan melalui dokter terbang ke pelosok pegunungan.

Selain itu, ia juga memiliki perkebunan kopi dan telah membangun sekolah-sekolah taman kanak-kanak di Timika, Mimika.

“Saya berencana untuk membangun satu sekolah lagi di Sugapa, dan juga melakukan kegiatan sosial lainnya. Ketika saya pertama kali dipanggil oleh panitia saya bingung, mengapa saya dipilih tetapi ada satu pertanyaan yang mereka katakan bahwa anda telah membantu negara dengan promosi pariwisata di luar negeri menggunakan pengeluaran sendiri, melanjutkan dengan kegiatan dokter dan juga kegiatan yang saya sudah selesai lakukan,“ paparnya.

Tokoh Masyarakat Papua, Maximus Tipagau foto bersama para penerima penghargaan Infobank di Jakarta, baru-baru ini.

Untuk itu, Maximus menyampaikan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung dalam hidupnya.

“Khusus untuk orang tua saya, guru saya, mitra bisnis saya, dan teman-teman saya yang selalu mendukung saya untuk menjadi orang yang lebih baik. Seperti mendapat kehormatan menjadi salah satu dari 10 Orang Terkemuka Terbaik di Indonesia dari Majalah InfoBank dengan Mantan Wakil Presiden Boediono, Joko Widodo sebagai Presiden RI,  Gubernur BI dan kandidat lainnya yang telah diundang dalam acara tersebut. Itu terjadi bukan karena kekuatan saya tetapi karena Tuhan. Saya akan bekerja lebih baik untuk Indonesia dan khususnya untuk Papua. Saya akan menjadi inspirator bagi generasi muda di Papua dan Indonesia,” imbuhnya. (bat)

 

Tinggalkan Balasan