15 Tahun Pimpin Demokrat, Lukas Enembe Siap Over Estafet Kepemimpinan

Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe, SIP, MH bersama Wasekjen DPP Partai Demokrat, Ir Hj Andi Timo Pangerang dan pengurus dalam Rakerda Partai Demokrat di Hotel Aston Jayapura.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pada kesempatan itu, Ketua DPD Partai Demokrat Papua Lukas Enembe, SIP, MH secara terbuka menyampaikan keinginan dirinya untuk menyerahkan tongkat estafet kepemimpinnnya pada tahun depan kepada kader penggantinya yang mumpuni.

Menurut Lukas, dirinya sudah 15 tahun mengurus dan membesarkan Partai Demokrat di Provinsi Papua. Dan itu dilakukannya sejak ia masih menjabat Wakil Bupati Puncak Jaya dengan situasi yang serba terbatas.

Oleh karena itu, Lukas meminta para kader yang kelak menggantikannya bisa jauh lebih banyak menghasilkan kader pemimpin baru, baik bupati  maupun anggota DPRD dibanding yang telah dihasilkannya.

“Kemungkinan setelah Pileg dan Pilpres tahun depan kita gelar Musdalub untuk ganti saya. Saya sudah siapkan banyak kader. Tinggal salah satu memimpin. Saya mau bilang, belasan tahun saya urus sendiri partai ini dan bisa hasilkan banyak bupati. Karena itu, yang ganti saya kelak harus lebih banyak,“ kata Lukas Enembe.

Untuk itu, Lukas Enembe meminta para calon yang kelak penggantinya kelak untuk membawa semangat ini untuk kaderisasi. Semua kader demokrat harus semua kerja.

“Makanya saya bagi-bagi tugas. Rakerda DPD Bupati Lanny Jaya, Muscab saya kasih ke Bupati Tolikara sedangkan Ketua Tim Kampanye saya berikan kepada Yunus Wonda. Saya berharap dengan Rakerda ini memberi kontribusi besar bagi kemenangan kita baik di Pilgub, Pilbub, Pileg dan Pilpres,”  kata Lukas.

Lukas menjelaskan, saat ini Partai Demokrat ada di urutan 4 secara nasional setelah PDIP, Golkar dan Gerindra. Karena itu, sekalipun di Provinsi Papua Partai Demokrat ada di urutan pertama, namun dengan melihat konstelasi politik nasional dan bertambahnya jumlah partai menjadi 16 partai saat ini, maka tuntutan dinamika harus dijawab oleh seluruh penguru dan kader Demokrat.

“Sekarang sudah ada 16 partai. Kita harus tetap merebut hati rakyat. Kita harus punya basis yang kuat. Kita harus tegaskan komitmen luhur kita sebagai Partai Demokrat berdasarkan AD/ART dan visi misi. Ini salah satu bahan diskusi dalam pembahasan kita,” tegas Lukas.

Ketua DPD Partai Demokrat Papua, Lukas Enembe, SIP, MH bersama Wasekjen DPP Partai Demokrat, Ir Hj Andi Timo Pangerang dalam Rakerda di Hotel Aston Jayapura.

Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrat Ir. Hj Andi Timo Pangerang memuji prestasi dan pengorbanan Lukas Enembe yang telah menghidupkan dan membesarkan Demokrat di Papua.

Ia menilai, pencapaian kerja politik Lukas ini sungguh luar biasa dan harus diikuti oleh kader yang kelak menggantikannya.

“Saya senang karena Lukas telah menghasilkan banyak kader baik bupati maupun anggota DPR. Ini harus terus ditingkatkan ke depan, terutama pada Pilbup dan Pileg,” kata Andi.

Rapat Kerja Daerah DPD Partai Demokrat ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Gubernur Papua diwakili Kepala Kesbangpol Papua, Musa Isir. Pada kesempatan itu, Musa Isir memuji Lukas Enembe karena di eranya, ada kemajuan demokrasi dan politik di Papua yang nyata.

“Itu terlihat dari 16 kursi DPRP dan 108 kursi DPRD kabupaten/kota dan 2 kursi DPR RI dapat terlaksana di era Lukas. Itu kemajuan politik yang kita alami. Atas nama Penjabat Gubernur, dengan ini secara resmi saya membuka Rakerda Partai Demokrat Papua. Semoga sasaran yang dirumuskan dalam Rakerda Partai ini membawa kemajuan,” kata Musa.

Musa juga berharap, pelaksanaan Pilgub dan pilbup di Papua berjalan aman. “Beberapa survei mengatakan bahwa Pilkada di Papua termasuk rawan konflik. Tapi kita harus yakin kita aman dan sukses laksanakan itu karena demokrasi kita makin dewasa,” tegas Musa.

Sekretaris Panitia Pelaksana Rakerda Demokrat Papua Boy Markus Dawir, SP (BMD) menjelaskan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti oleh sekitar 200-an peserta terdiri dari pengurus DPD Demokrat Papua dan para ketua dan sekretaris DPC dari 29 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Sekjen DPP Demokrat M Rivai Darus, SH, MH, 2 anggota DPR RI dari Partai Demokrat Dapil Papua Libert Kristo Ibo, SH dan Willem Wandik, 16  anggota DPR Papua dari fraksi demokrat, puluhan anggota DPRD kabupaten/kota, serta para undangan pengurus partai koalisi KPB II di antaranya Hanura, PKS dan PPP. (bat)

Tinggalkan Balasan