Sekda Suwita: OPD Harus Loyal Terhadap Pimpinan

Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos dan Sekda Mamberamo Raya, Suwita, MEc.Dev dalam perkenalan bersama pimpinan OPD di Aula Bappeda, Burmeso, Rabu (27/2).

BURMESO, Papuaterkini.com – Hari pertama masuk kerja, Sekda Mamberamo Raya, Suwita, MEc.Dev, melakukan pertemuan bersama dengan Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa, AKs, SSos dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Aula Bappeda, Burmeso, Rabu (27/2).

Selain pertemuan untuk perkenalan, Sekda Suwita menginginkan agar visi misi Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya dapat diwujudkan.

“Dinas, badan dan kantor dalam menyusun program dan kegiatan tak boleh lepas dari visi misi bupati itu,” kata Suwita.

Mantan Sekda Puncak ini, meminta agar ASN Mamberamo Raya selalu loyal terhadap pimpinan dan menghargai bupati dan wakil bupati.

“Saya tahu kondisi pemerintahan dan masyarakat Mamberamo Raya. Saya minta OPD harus loyal pada pimpinan. Jika pimpinan perintahkan, ya wajib dilaksanakan. Bahkan, jika keluar daerah, wajib izin pimpinan, karena jika tidak bisa jadi temuan,” tegasnya.

Selain itu, kepala OPD harus diminta untuk memberikan kewenangan kepada staf, jika sedang keluar daerah agar aktivitas kantor tetap berjalan. Di samping itu, pembinaan staf sangat penting.

“Tolong perhatikan staf dan haknya diperhatikan,” katanya.

Yang jelas, Sekda Suwita akan menertibkan masalah laporan atau pertanggungjawaban. Setiap bulan berjalan, tanggal 10 harus masuk laporan pertanggungjawaban. Sebab, ini mempengaruhi neraca yang dapat mempengaruhi penilaian atau opini dari BPK RI terhadap Pemkab Mamberamo Raya.

Ia mendesak OPD untuk segera membuat LPPD karena merupakan kewajiban yang menyangkut capaian kinerja, fisik dan lainnya. “Untuk itu, nanti saya akan bentuk tim LPPD ini,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Sekda Suwita mengingatkan kepada Bappeda untuk segera menjadwalkan pelaksanaan lelang pengadaan barang dan jasa pemerintah. “Saya tidak mau proyek jalan di tengah tahun. Jadi, jadwal kegiatan lelang harus segera dibuat,” pungkasnya.(bat)

 

Leave a Response