Pilgub 2024, IKEMAL di Tanah Papua Deklarasi Dukung Mari-Yo

Deklarasi dukungan dari IKEMAL di Tanah Papua untuk pasangan bakal calon Gubernur Papua Mathius D Fakhiri - Aryoko Rumaropen (Mari-Yo).
banner 120x600

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ikatan Keluarga Maluku (Ikemal) di Tanah Papua menggelar deklarasi mendukung Mathius D Fakhiri dan Aryoko Rumaropen sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua tahun 2024.

Deklarasi dukungan untuk pasangan Mari-Yo itu, berlangsung di Hotel Sunyi Abepura dan dihadiri oleh ribuan masyarakat Maluku yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom dan Kabupaten Sarmi, Senin, 16 September 2024.

Sekretaris Umum IKEMAL di Tanah Papua Harry Silooy mengatakan, dalam menyambut pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua dan sebagai Ikatan Keluarga Maluku di Tanah Papua yang terus ikut berkontribusi dalam pembangunan, maka IKEMAL di Tanah Papua perlu menyampaikan pernyataan secara terbuka dalam mendukung calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Papua tahun 2024.

“Dengan ini, kami Ikatan Keluarga Maluku di Tanah Papua secara khusus di Provinsi Papua memberikan dukungan kepada bapak Matius D Fakhiri dan bapak Aryoko Rumaropen sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua pada pemilihan kepala daerah serentak 27 November 2024. Demikian pernyataan ini kami buat untuk dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan,” tegas Harry Silooy ketika membacakan pernyataan sikap atau deklarasi dukungan untuk pasangan Mari-Yo.

Usai deklarasi, Koordinator Bidang Organisasi IKEMAL di Tanah Papua, Dedy Pattiwael membeberkan alasan mendukung pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Mathius D Fakhiri – Aryoko Rumaropen.

Menurutnya, deklarasi ini dilakukan secara terbuka karena beberapa paguyuban lain sudah mendukung, sebagai orang Maluku juga bertanggungjawab atas pembangunan dan juga Pilkada pada 27 November 2024.

“Kalau bicara kenapa kami mendukung pasangan Mari-Yo,  terlepas dari bapak Mathius D Fakhiri yang punya kiprah sebagai Kapolda Papua, beliau juga banyak berkontribusi kepada masyarakat Maluku,” katanya.

Sementara itu, Bakal Calon Gubernur Papua, Mathius D Fakhiri mengakui jika selama menjadi Kapolda Papua, ia dibantu oleh IKEMAL lewat pimpinan dan semua pengurus. Untuk itu, Mathius Fakhiri mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan kepada IKEMAL di Tanah Papua.

“Sekaligus juga saya menyampaikan permohonan maaf selama saya menjadi Kapolda Papua, belum bisa melayani masyarakat Maluku secara keseluruhan,” ujarnya.

Tentunya, lanjut Fakhiri, kedepan ia berharap semua bergandeng tangan menjaga kebersamaan suku, agama dan ras.

Apalagi, Papua merupakan rumah bersama, tidak ada perbedaan dan ia mengajak seluruh pihak termasuk warga Maluku untuk jaga keharmonisan di Tanah Papua dan bergandeng tangan satu dalam tujuan membangun tanah Papua.

“Saya dan wakil saya mengucapkan terimakasih kasih kepada IKEMAL di Tanah Papua yang mendukung kami untuk maju sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua. Kami tidak banyak janji, tetapi kami akan melakukan,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *