Deklarasi, JWW – HMS Siap Jadi Pemersatu Bangsa

Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo - Habel Melkias Suwae berada di tengah puluhan ribu warga yang menghadapi Deklarasi JWW-HMS di Lapangan Pendidikan Wamena, Senin (8/1). (Foto Roy Purba)
banner 120x600
banner 468x60
Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo – Habel Melkias Suwae berada di tengah puluhan ribu warga yang menghadapi Deklarasi JWW-HMS di Lapangan Pendidikan Wamena, Senin (8/1). (Foto Roy Purba)

JAYAPURA-Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, John Wempi Wetipo (JWW) dan Habel Melkias Suwae (HMS) secara resmi memperkenalkan dirinya maju pada Pilgub tahun 2018 dihadapan puluhan ribu masyarakat di wilayah Pegunungan Papua.

Deklarasi pasangan JOSHUA singkatan JWW-HMS yang dilaksanakan di Lapangan Pendidikan, Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (8/1).

Deklarasi itu dihadiri Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun, anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI, Mindo Sianipar, Ketua DPD PDI Perjuangan Papua, Edoardus Kaize, pengurus DPD Partai Gerindra yang dipimpin Natan Pahabol, Wakil Bupati Merauke Sularso, serta seluruh pengurus DPW Partai Perindo.

Bahkan, sejumlah tokoh Pegunungan Tengah Papua turut hadir dan memberikan dukungan dalam Deklarasi JWW – HMS ini, diantaranya Jhon Tabo, Briyur Wenda dan lainnya.

JWW: Prabowo Yakin Jika Kita Berdua Bisa Jadi Alat Pemersatu Bangsa

Dihadapan masyarakat, John Wempi Wetipo menceritakan pertemuannya dengan Ketua DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto, pada 29 September 2017, meski situasi politik PDI Perjuangan dengan Gerindra dipusat tidak pernah sejalan.

Akan tetapi, Prabowo menjatuhkan dukungannya kepada JWW-HMS, dengan keyakinan mereka berdua bisa membawa perubahan baru bagi Indonesia.

“Beliau sampaikan, matahari terbit dari wilayah Timur Indonesia, sehingga Bapak Prabowo tak keberatan memberikan dukungannya kepada kami, yang berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Titipan beliau hanya satu, mereka berharap kami bisa menjadi agen perubahan dan alat pemersatu bangsa,” kata Wempi.

Artis Ibukota, Edo Kondologit, Ketua DPP PDIP Bidang Kehormatan, Komaruddin Watubun, Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, JWW – HMS dalam deklarasi.

Wempi yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Bupati Jayawijaya menjelaskan, proses politik yang ia lalui, adalah bagian dari pendidikan. Dimana seperti anak sekolah ketika tamat SD, akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang SMP, SMA hingga perkuliahan.

“Sebentar lagi saya akan tamat dari sekolah di tingkat Kabupaten, dengan jabatan sebagai Bupati. Maka dari itu, saya maju sebagai calon Gubernur Papua. Inipun saya lakukan, lantaran saya tak melihat banyak perubahan atas pembangunan yang dapat mensejahterakan masyarakat di Papua,” tegasnya.

Wempi juga menjelaskan, banyak orang yang menceritakan tentang pilihannya menggandeng Habel Melkias Suwae sebagai wakilnya, yang mana pernah menjadi lawan politiknya, ketika ia dipercaya sebagai Ketua Pemenangan di wilayah Pegunungan Tengah Papua, saat Lukas Enembe-Klemen Tinal menang telak di wilayah tersebut.

“Ini adalah dosa yang harus saya tebus. Kurang lebih 4 tahun lalu, saya berhasil menggagalkan bapak HMS saat maju sebagai calon Gubernur Papua. Yang membuat saya kecewa, yakni orang yang saya percaya memimpin Papua tak memberikan dampak besar bagi masyarakat. Maka dari itu, saya bersama HMS pada Pilgub 2018 ini, ingin mensejahterakan masyarakat melalui konsep visi misi “Papua Cerdas”,” paparnya.

Bakal calon Gubernur dan Wagub Papua, JWW – HMS siap jadi alat pemersatu bangsa.

Duet wilayah Pegunungan dengan Pesisir Pantai Papua, ungkap Wempi, dipercaya olehnya dapat merubah diskriminasi di antara orang Papua, yaitu orang Pesisir dan orang Gunung, termasuk istilah orang Papua dan orang pendatang.

“Ke depan tak boleh lagi ada istilah dikotomi antara orang Papua dan Pendatang termasuk orang Pantai dan orang Gunung. Tapi, kita harus bersatu dan mengatakan, kita, dia dan mereka adalah orang Papua dan Indonesia,” ujarnya.

Walau JOSHUA hanya didukung oleh dua partai dan petahana yang menjadi lawannya memiliki 10 partai pendukung, tak membuat mereka berdua gentar.

“Kami hanya dua partai ditabah Perindo, tetapi kami memiliki pasukan atau penumpangnya yang hebat-hebat,” tegasnya.

Bakal Calon Wakil Gubernur Papua, Habel Melkias Suwae mengungkapkan, deklarasi JOSHUA (JWW-HMS) di Kota Wamena, jantungnya Papua ini merupakam sejarah besar bagi dua partai besar di Indonesia.

Habel yang pernah menjabat Bupati Jayapura dua periode itu menjelaskan hal yang sama tentang pinangan yang diterimanya dari JWW, lantaran masih ingin menyumbangkan, tenaga, ide, pikiran dan gagasan membangun Papua.

“Semua orang di Papua ini tahu, kalau dulu kami saling berhadapan. Tetapi, perbedaan itu hari ini telah berakhir, sebab kami menjadikannya sebagai alat pemersatu demi kepentingan masyarakat Papua,” lugasnya.

Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP, Komarudin Watubun memberikan dukungan dalam Deklarasi JWW-HMS.

HMS yang juga Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Papua ini mengaku terharu yang tak terhingga, ketika John Wempi Wetipo mengungkapkan kepada keluarga, partai pengusung bahwa ia kini menjadi bagian hidupnya.

“Ketika tadi kami dijamu di kediaman bapak Wempi, beliau sampaikan HMS adalah bagian dari hidup JWW. Sebagai keluarga dari masyarakat di lembah ini, dengan kerendahan hati sata ucapkan terima kasih,” pungkasnya.

Melalui konsep pembangunan “Papua Cerdas” yang sudah dua tahun belakangan ini didengungkan Wempi, lanjut Habel, ia berkeyakinan Papua ke depannya akan lebih maju, khususnya memberdayakan masyarakat dan sumber daya alam yang ada.

“Sudah waktunya untuk kita bersatu, jangan lagi katakan siapa kamu, siapa kami, tetapi kau, kami dan kita, bersama-sama membangun Papua ini dengan baik. Apalagi, seluruh suku bangsa ada di Indoenesia dari Sabang-Merauke, jadi tak boleh lagi ada ada perbedaan diantara kita,” ungkap pria yang pernah mendapat gelar Bapak Pemberdayaan Masyarakat Kampung ketika menjabat Bupati di Jayapura ini. (roy/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *