JOSHUA Jalani Tes Kesehatan dengan Santai

Bakal calon Gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo bersama Plt Direktur RSUD Jayapura, drg Aloysius Giyai dan Ketua KPU Papua Adam Arisoy ketika akan mengikuti pemeriksaan kesehatan, Jumat (12/1).
banner 120x600
banner 468x60
Bakal calon Gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo bersama Plt Direktur RSUD Jayapura, drg Aloysius Giyai dan Ketua KPU Papua Adam Arisoy ketika akan mengikuti pemeriksaan kesehatan, Jumat (12/1).

JAYAPURA-Pasangan Jhon Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae atau JOSHUA memastikan tes kesehatan  yang dilakukan di RSUD Jayapura lolos sebagai syarat calon Gubernur dan Wakil Gubernur  Papua pada Pilkada tahun 2018.

Pasangan berjuluk “Papua Cerdas” ini datang secara bersamaan di RSUD Jayapura, pada Jum’at (12/1).

Keduanya langsung disambut  Plt Direktur RSUD Jayapura, drg Aloysius Giay, Ketua KPU Papua Adam Arisoy dan anggota KPU serta Ketua Bawaslu Papua, Pegy Wattimena menuju ruang tes kesehatan yang dilakukan oleh pihak tim medis.

Bakal Calon Gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo mengatakan, tes kesehatan yang dilakukan di  RSUD telah disiapkan malam sebelumnya.

“Tadi malam saya sudah mempersiapkan diri dengan berpuasa dan saya yakin tes kesehatan hari ini lolos tanpa ada gangguan dan mudah-mudahan tidak ada hambatan sehingga hasil tak mengecewakan,” katanya.

Direktur RSUD Dok II Jayapura, drg Aloysius Giay mengatakan,  tes kesehatan  terhadap balon Gubernur dan wakil gubernur Papua ini dilakukan secara independen oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Papua.

“Pada prinsipnya kami hanya memfasilitasi, baik tempat maupun alat medis. Hasil akan ditentukan  oleh tim IDI,” kata Aloysius dalam keterangan  persnya di sela-sela tes kesehatan Balon Gubernur papua dan wakil Gubernur Papua.

Pasangan JOSHUA mengikuti tes kesehatan di RSUD Jayapura, Jumat (12/1).

Aloysius menjelaskan, dalam pemeriksaan ini ada 14 item salah satunya, tes radiologi, jantung, darah dan lai  sebagainya. “Semua dokter sudah disiapkan dan hasilnya akan diputuskan oleh tim IDI. Mereka itu dokter Ahli,” paparnya.

Bahkan, Aloysius berjanji tidak akan intervensi terhadap para dokter yang diberikan tugas untuk melakukan  pemeriksaan tes kesehata  terhadap para dokter ahli. “Saya sendiri belum tentukan hasil pemeriksaan itu,” paparnya.

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gebernur Papua, John Wempi Wetipo dan Habel Melkias Suwae (JOSHUA) dalam pemeriksaan ini, terlihat menyapa para pengunjung termasuk pasien yang ditemuinya.

Terlihat kedua pasangan Bakal Calon ini kerap menyapa sambil bersalaman dengan masyarakat yang ikut mengungunjungi keluarganya di RSUD Jayapura.  Kurang lebih selama lima jam, keduanya pasangan JOSUA ini berpindah-pindah ruangan untuk dilakukan pemeriksaan medis.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim medis dilakukan  delapan belas item dengan ditangani 14 Dokter Ahli yang merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Dimana pemeriksaan dimulai  dari pemeriksaan Anamnessa (TB, BB, TTV), pengambilan sampel darah di laboratorium, VCT, USG, Thorax Foto, Mata, THT, Gigi dan Mulut, Neurologi, Bedah Umum, Bedah Ortopedi, Urologi, Paru, Penyakit Dalam, Obsgyn, Kardiologi, Himpsi dan sekitar pukul 15.30 WIT, secara bersamaan keduanya mengikuti Psikiatri.

Koordinator Tim Medis dari IDI, dr. Donald Arongger mengungkapkan, terdapat 18 kriteria pemeriksaan yang dilakukan tim medis untuk pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

“Kami kerahkan sekitar kurang lebih 40 orang tim dokter, dalam pemeriksaan. 14 diantaranya merupakan dokter ahli. Mereka telah memiliki Track Record yang berpengalaman di bidang mereka masing-masing,” ungkapnya saat ditemui di RSUD Jayapura.

Bakal calon Gubernur Papua, Jhon Wempi Wetipo bersama dr Samuel Basso dan Ketua KPU Papua, Adam Arisoy dan Ketua Bawaslu Papua, Pegy Wattimena usai pemeriksaan kesehatan.

Bakal Calon Gubernur Papua, John Wempi Wetipo mengatakan, tes kesehatan yang dilakukan di RSUD Jayapura sudah dipersiapkan oleh dengan baik, terutama berpuasa.

“Tadi malam saya sudah mempersiapkan diri dengan berpuasa, saya yakin tes kesehatan hari ini lolos tanpa ada gangguan dan mudah-mudahan tidak ada hambatan sehingga hasil tak mengecewakan,” katanya disela-sela mengikuti tes kesahatan.

Meski cukup melelahkan, Wempi mengaku merasa tak ada hambatan saat dilakukan pemeriksaan. “ Ini berkat Tuhan sehingga saat pemeriksaan diberikan kekuatan kepada saya dan juga kepada pak HMS selaku calon Wakil saya untuk maju sebagai Gubernur dan Wakil gubernur,” katanya.

Untuk itu, Wempi yang masih aktif sebagai Bupati Jayawijaya ini menyampaikan terimakasih kepada Tim Medis dan juga kepada Direktur RSUD Jayapura yang menyiapkan tempat dan fasilitas, begitu juga kepada KPU Provinsi Papua yang telah menyiapkan dokter ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Namun ia berharap agar hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter ahli mendapatkan hasil secara transparan tanpa ada intervensi dari siapapun.

Sementara itu,  Bakal calon Wakil gubernur Papua, Habel Melkias Suwae menyampaikan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan merupakan hal yang biasa. Pasalnya, mantan bupati dua periode ini sudah berpangalaman dalam mengikuti tes kesehatan pada pemilihan kepala daerah.

“Kalau sehat, kenapa kita ragu. Kan  satu periode lalu saya maju sebagai Gubernur Papua, dan saya sudah tes  kesehatan dan hasil baik. Jadi biarkan tim medis bekerja dan hasil kita serahkan kepada mereka,”  imbuhnya.

Di sela-sela mengikuti tes kesehatan itu, pasangan balon gubernur Papua, JOSHUA menyapa dengan santun masyarakat maupun pengunjung RSUD yang ditemuinya. Terlihat kedua pasangan Bakal Calon ini terlihat santai dan kerap menyapa sambil bersalaman dengan masyarakat yang ikut mengungunjungi keluarganya di RSUD Jayapura.

Kurang lebih selama lima jam, keduanya pasangan JOSUA ini berpindah-pindah ruangan untuk dilakukan pemeriksaan medis. Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim medis dilakukan  18 dengan ditangani 14 Dokter Ahli yang merupakan anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI).(rambat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *