Jadwal KM Cantika Lestari ke Mamberamo Raya Berubah

Wakil Bupati Mamberamo Raya, Yakobus Britai, SIP

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Kapal Motor (KM) Cantika Lestari yang melayani rute Jayapura – Mamberamo Raya terhitung minggu ini mengalami perubahan jadwal pelayaran.

Jika sebelumnya, KM Cantika Lestari melayani pelayaran dari Jayapura ke Kasonaweja,  Kabupaten Mamberamo Raya setiap hari Rabu, maka mulai minggu depan ini, akan berubah pada hari Selasa.

“Ya, KM Cantika Lestari ada perubahan jadwal untuk menyesuaikan kebutuhan. Jika sebelumnya hari Rabu dari Jayapura ke Mamberamo Raya, minggu depan akan berubah setiap hari Selasa,“ kata Wakil Bupati Mamberamo Raya, Yakobus Britai, SIP didampingi Kepala Dinas Perhubungan, Benny Tan Imbiri di Jayapura, Minggu (24/6).

Wabup Yakobus Britai mengatakan, khusus untuk Senin (25/6) hari ini, KM Cantika Lestari akan melayani masyarakat Mamberamo Raya yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya untuk kembali ke kampungnya dalam rangka berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilihan Gubernur Papua pada 27 Juni 2018, dengan menyalurkan hak suaranya sesuai hati nurani.

“Ya, Senin hari ini, KM Cantika Lestari akan melayani masyarakat Mamberamo Raya yang akan mengikuti kegiatan pelaksanaan pemilihan gubernur pada 27 Juni 2018,“ kata Wabup Yakobus Britai.

Schedule atau jadwal pelayaran secara reguler KM Cantika Lestari yang biasanya pada hari Rabu berangkat dari Jayapura dan tiba di Kasonaweja, Mamberamo Raya pada Kamis dan pada hari Sabtu KM Cantika Lestari akan kembali ke Jayapura dan tiba pada hari minggu, maka terjadi perubahan jadwal untuk menyesuaikan kebutuhan masyarakat, terutama agar mereka dapat beribadah pada hari minggu.

Untuk itu, lanjut Wabup Yakobus Britai, jadwal pelayaran KM Cantika Lestari dipertimbangkan untuk diberangkatkan secara reguler pada hari Selasa dari Jayapura menuju ke Kasonaweja, Kabupaten Mamberamo Raya.

“Nah, ini untuk mengakomodir untuk masyarakat Mamberamo Raya yang beragama nasrani, sehingga ketika hari Selasa berangkat dari Jayapura, dia akan tiba di Mamberamo Raya pada Rabu sore, kemudian istirahat satu hari di Mamberamo Raya, kemudian Jumat pagi akan keluar dari Mamberamo Raya dan diperkirakan tiba Sabtu siang, sehingga bagi masyarakat beragama nasrani bisa mengikuti ibadah hari minggu,“ jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mamberamo Raya, Benny T Imbiri menambahkan, jika sejak KM Cantika Lestari melayani rute Jayapura – Mamberamo Raya, rata-rata penumpangnya baru mencapai 250 orang.

“KM Cantika Lestari ini memiliki kapasitas penumpang 600 – 700 orang. Saat ini, rata-rata jumlah penumpang baru mencapai 250 orang saja,“ katanya.

Diakui, pada waktu tertentu saja, seperti menjelang liburan panjang dalam rangka hari raya Idul Fitri atau Lebaran kemarin, bisa mencapai 800 orang terangkut dari Mamberamo Raya. (bat)

 

Tinggalkan Balasan