BKMM Heram Kurban 185 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing

Suasana pemotongan hewan kurban di Masjid Al Ikhlas, Perum Organda, Padang Bulan, Kota Jayapura, Minggu, 11 Agustus 2019,

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Shalat Idul Adha di lingkup Badan Koordinasi Masjid dan Musholla (BKMM) Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua yang berlangsung di Lapangan Den Zipur Waena pada Minggu (11/8) selalu diwarnai dengan bersalaman dan saling memaafkan antara pengurus BKMM dan para Ta’mir Masjid.

Ketua Panitia Shalat Idul Adha,  H. Marijo dalam keterangannya menyampaikan terima kasih pada seluruh jamaah dari 13 Masjid, 2 Pondok Pesantren (Ponpes) dan 4 musholla yang bersama-sama memenuhi lapangan sebagai bentuk syiar islam.

Haji Marijo juga mengucapkan terima kasih yang tak ternilai pada Komandan Den Zipur 10 atas kerjasama yang baik pada setiap perayaan hari besar keagamaan, karena menggunakan lapangan yang sangat memadai untuk menampung ribuan jamaah atau umat Islam se Distrik Heram dan sekitarnya.

“Kesuksesan pelaksanaan shalat Idul Adha ini merupakan dukungan dari semua jamaah,” kata Marijo.

Pada tahun ini, BKMM Distrik Heram berhasil mengumpulkan hewan yang akan dijadikan kurban sebanyak 185 ekor sapi dan 7 ekor kambing dari 13 masjid, 2 ponpes dan 4 musholla.

Menurutnya, memaknai Idul Adha adalah mengimplementasikan kebersamaan yang bernilai dimensi sosial. Yakni berbagi dengan sesama umat muslim dan umat lainnya untuk berbagi kegembiraan dengan membagi-bagikan daging kurban.

“Nantinya, daging kurban itu akan disalurkan kepada kaum duafa yang ada di wilayah Heram,” imbuhnya.

Sementara itu, Pantauan Papuaterkini.com di Masjid Al Ikhlas, Perum Organda, pemotongan hewan qurban menarik perhatian jemaah masjid dan warga sekitar.

Petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua, Drh Ketty tengah memeriksa sapi yang dipoong untuk kurban di Masjid Al Ikhlas Organda, Minggu, 11 Agustus 2019.

Setidaknya, terdapat 5 ekor sapi yang dipotong sebagai kurban dalam perayaan Idul Adha di masjid ini.  Tampak, drh Ketty, petugas dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua tengah memeriksa sapi yang dipotong itu. Pemeriksaan dilakukan pada fisik hewan maupun jerohan untuk memastikan keamanan pangan sebelum dikonsumsi.

Ketua Ta’mir Masjid Al Ikhlas Organda, Anang Budiono mengatakan, jika daging kurban itu akan disalurkan kepada kaum duafa dan jemaah masjid.

“Kami telah mendata ada sekitar 150 kepala keluarga yang akan kami berikan daging kurban ini,” imbuhnya. (bat)

Leave a Response