Ribuan Umat Islam Padati Lapangan Den Zipur, Ustadz Wahib: Hakekat Berkurban untuk Wujudkan Ketaatan

Ribuan umat Islam melakukan salat Idul Adha di Lapangan Den Zipur 10 Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Minggu, 11 Agustus 2019.
banner 120x600
banner 468x60
Ribuan umat Islam melakukan salat Idul Adha di Lapangan Den Zipur 10 Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Minggu, 11 Agustus 2019.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ribuan jamaah masjid yang tergabung dalam Badan Koordinasi Masjid dan Musholla (BKMM) Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua melaksanakan Sholat Idul Adha di Lapangan Den Zipur 10 Waena, pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Para jamaah tersebut berasal dari gabungan 12 masjid, 3 Musholla dan 2 pondok pesantren yang ada di wilayah Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua.

Khotbah dibawakan oleh Ustad H. Muhammad Wahib, Lc, MA dengan mengambil tema Hakekat Berkurban untuk Mewujudkan Ketaatan. Sementara itu, imam sholat dipimpin oleh KH. Syaihul Umami, SHi.

Nampak terlihat di areal lapangan dan jalan raya, petugas dari Kepolisian, TNI dan relawan dari non muslim turut membantu jalannya pelaksanaan sholat Idul Adha. Hal ini tergambar sebagai bentuk toleransi antara umat beragama di Kota Jayapura, Papua yang berjalan dengan baik.

Dalam khutbahnya, Ustadz Muhammad Wahib menyampaikan bahwa pada hari Minggu tepat tanggal 10 Dzulhijah 1440 H, umat Islam di Indonesia maupun di seluruh dunia merayakan hari raya Idul Adha.

Idul Adha terjadi setelah ibadah haji di tanah suci yang memerlukan pengorbanan harta, fisik dan tenaga. Maka untuk mensyukurinya, umat Islam merayakannya melalui bentuk penyembelihan hewan kurban sebagai ekspresi mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Hari raya harus dimaknai oleh kaum muslimin sebagai bentuk suka cita karena karunia Allah,” kata Ustadz Wahib.

Dalam penjelasan Al Quran dan Hadist, kata Ustadz Wahib, hari raya atau Id berarti hari kegembiraan yang ditandai keharusan makan dan larangan untuk berpuasa saat itu.

Sebagaimana penjelasan dalam Al Quran surah Al Maidah: 114 yang artinya, Isa putera Maryam berdoa “Ya Tuhan kami turunkanlah kiranya kepada kami suatu hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan sesudah kami dan menjadi tanda bagi kekuasaan engkau. Beri rezkilah kami dan engkau pemberi rezki yang paling utama”.  

“Dimensi sosial dalam hari raya Idul Adha dimana umat Islam disunnahkan berkurban agar dagingnya bisa dibagikan kepada sesama dan terutama para fakir miskin.  Dengan menyembelih hewan kurban maka umat Islam dianggap mendekatkan diri kepada Allah SWT,” kata Ustadz Wahib.

Dijelaskan, memaknai Idul Adha adalah ketaatan dan tunduk atas perintah Allah. Seperti ketaatan Nabi Ibrahim AS yang disuruh menyembelih puteranya Nabi Ismail AS dalam mimpinya.

Panitia Kurban dan Pengurus BKMM Distrik Heram, usai salat Idul Adha di Lapangan Denzipur 10 Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Minggu, 11 Agustus 2019.

Nabi Ibrahim berkata pada anaknya “Hai anakku sesungguhnya aku nelihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu, maka fikirkanlah apa pendapatmu”. Anaknya menjawab “Hai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

“Atas kehendak Allah, drama penyembelihan anak manusia itu batal dilaksanakan. Allah SWT berfirman, sesungguhnya ini benar-benar ujian yang nyata. Dan kami tebus anak itu dengan seekor domba sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) dikalangan orang-orang yang datang kemudian. Demikianlah kami memberikan balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba kami yang beriman” ujar Wahib.

Wahib menambahkan, Nabi Ibrahim AS dijuluki bapak para nabi, karena itulah banyak syariat beliau yang terus dilestarikan oleh para nabi setelahnya yakni thawaf, khitan dan kurban. Dalam sejarahnya Rasul Muhammad SAW juga biasa berkurban setiap Idul Adha dua ekor domba, satu untuk beliau dan satunya untuk sahabatnya.(anang/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *