Kemenkum HAM Papua: Belum Ada Pegawai dan Warga Binaan Terpapar Covid-19

Kakanwil Kemenkum HAM Papua, Murdjito Sasto bersama jajaran dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR Papua di Hotel Horison Kotaraja, Senin, 20 Juli 2020.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum  dan Hak Azasi Manusia (HAM) Papua, Murdjito Sasto mengungkapkan jika hingga kini belum ada pegawai di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua maupun warga binaan yang terpapar virus Corona atau Covid-19.

“Sampai dengan saat ini, alhamdulillah di jajaran Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua baik di kantor wilayah maupun UPT, baik pegawai dan warga binaan, belum ada yang terpapar Covid-19,” ungkap Murdjito Sasto dalam Rapat Kerja Bersama Komisi I DPR Papua di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, Senin, 20 Juli 2020.

Dikatakan, Kanwil Kemenkum HAM Papua memprioritaskan upaya pencegahan dan penanggulangan serta tergindar dari Covid-19. Bahkan, dalam langkah -langkah pencegahan Covid-19 di Provinsi Papua baik kantor wilayah maupun UPT, telah menganggarkan Rp 897 juta lebih untuk belanja pencegahan Covid-19 yang diperuntukan bagi petugas dan warga binaan.

Diakui, ada beberapa petugas di Lapas Nabire yang menjadi Orang Dalam Pemantauan (ODP) kemarin, namun sudah dilakukan swab terhadap ketiga pegawai itu dan hasilnya negative Covid-19. Begitu juga seorang petugas di Lapas Abepura yang menjadi ODP, namun sudah dilakukan swab.

Untuk itu, Kakanwil Kemenkum HAM telah memerintahkan semua Lapas di Papua menyiapkan ruang isolasi, jika ada warga binaan yang terindikasi gejala – gejala tersebut, sambil berkoordinasi dengan petugas kesehatan.

“Bersyukur sampai hari ini, semuanya dalam keadaan sehat walafiat,” ujarnya.

Selain itu, kata Murdjito Sasto, jika Kanwil Kemenkum HAM juga melakukan rapid test secara berkala dan memerintahkan seluruh Lapas harus ada tempat cuci tangan waktu masuk kantor.

“Kami juga siapkan alat penyemprot disinfektan bagi pengunjung yang masuk dan wajib memakai masker, termasuk melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19,” imbuhnya.

Ketua Komisi I DPR Papua, Fernando AY Tinal, BA mengapresiasi langkah-langkah Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Papua bersama jajaran dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19.

Dalam pertemuan ini, Ketua Komisi I DPR Papua, Fernando AY Tinal, BA didampingi Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Paskalis Letsoin, SH, Sekretaris Komisi I DPR Papua, Feryana Wakerkwa, Anggota Komisi I DPR Papua, Las Narigi, Amos Edoway, Laurenzus Kadepa dan Ferdinando Bokowi. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *