Anggota DPR Papua Tatap Muka Bersama Warga Bolakme

Anggota DPR Papua, Herman Yogobi bersama masyarakat di Bolakme, Jayawijaya, baru-baru ini.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Anggota Komisi IV DPR Papua Herman Yogobi melakukan tatap muka atau pertemuan dengan Masyarakat Kampung Bolakme, Distrik Bolakme, Kabupaten Jayawijaya, Papua dalam rangka pengawasan dan sosialisasi perdasi dan perdasus, baru-baru ini.

Dalam pertemuan itu, Herman Yogobi mengingatkan kepada masyarakat Bolakmen agar jangan pernah mengaitkan agama dengan politik yang sedang santer terdengar di masyarakat. Sebab, bagi mereka, agama identik dengan moralitas. Maka memisahkan agama dan politik mereka anggap identik dengan politik tanpa moral. Atau dengan kata lain, menjauhkan politik dari nilai-nilai agama.

“Padahal keinginannya bukan begitu. Agama punya beberapa sisi, yaitu nilai moral, perangkat aturan, serta semangat emosional. Nilai moral universal tentu sangat diharapkan kehadirannya dalam politik. Politik tanpa moral, sungguh berbahaya,” ujarnya.

Menurutnya, persoalannya yang memicu hiruk pikuk bukanlah emosionalnya. Orang-orang dikelompokkan dalam sekat-sekat agama dalam berpolitik dan memandang kelompok lain sebagai kelompok lawan terhadap agama yang mereka anut.

Dikatakan, politik kita bukanlah pertarungan antar umat beragama. Ini hanyalah persaingan orang-orang dengan berbagai preferensi politik belaka. Tujuannya pun bukan untuk saling mendominasi, melainkan untuk bersinergi.

“Bila satu kelompok menang, mereka harus menjalankan politik untuk kepentingan bersama, bukan sekedar untuk golongan mereka saja. Lebih penting lagi, politik mereka tidak untuk merugikan atau menghancurkan kelompok lain,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *