Hendrikus Gebze, Mantan Atlet Lempar Lembing Bangga Papua Tuan Rumah PON XX

Mantan Atlet Lempar Lembing Papua, Hendrikus Eben Gebze yang kini menjadi Anggota DPR Papua bersama Yonas Alfons Nussy, Anggota Komisi I DPR Papua.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Mantan Atlet Lempar Lembing Papua, Hendrikus Eben Gebze mengaku sangat bangga dengan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Bumi Cenderawasih, 2 – 15 Oktober 2021.

Sejak SMA, Hendrikus Gebze yang saat itu merupakan atlet nasional dari Provinsi Irian Jaya pada tahun 1998 itu, tercatat sebagai atlet lempar lembing di Kabupaten Merauke.

Hingga Hendrikus Gebze bergabung dengan atlet dari 9 kabupaten lainnya di Irian Jaya dalam dibina dan dilatih dalam PPLP tahun 1998.

“Kami saat itu dibina dan dibimbing menjadi atlet professional pertama untuk kejuaraan nasional di tingkat SMA di Surabaya, saya mewakili Irian Jaya dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS),” katanya, Jumat, 24 September 2021.

Dalam POPNAS itu, Hendrikus Gebze berhasil menorehkan prestasi gemilang yang pertama di tingkat nasional dalam lempar lembing.

“Saat itu, saya berhasil meraih juara I dan juara II lempar lembing,” ujar Hendrikus Gebze yang kini menjadi Anggota DPR Papua dari jalur Pengangkatan Wilayah Adat Anim Ha ini.

Setelah POPNAS, Hendrikus Gebze kembali ke Jayapura untuk persiapan mengikuti kejuaran di Manokwari dan beberapa event nasional di Jakarta dan juga berhasil menorehkan prestasi.

Bahkan, Hendrikus Gebze yang juga Anggota Komisi I DPR Papua ini, sempat mewakili Indonesia dalam ajang Arafura Schools di Australia pada tahun 2020. Ia berhasil meraih juara II di ajang internasional itu.

Hanya saja, selepas lulus SMA, Hendrikus Gebze memilih mencari pekerjaan tahun 2001. “Jadi, saya pikir waktu itu, pemerintah belum memberikan perhatian serius kepada atlet, berbeda dengan sekarang diberi perhatian maksimal, sehingga mulai meninggalkan lempar lembing,” katanya.

Hendrikus Gebze, sebagai atlet lempar lembing Irian Jaya 20 tahun lalu, memberikan apresiasi adanya PON XX Tahun 2021. Ia berharap pemerintah memberikan perhatian yang khusus untuk para atlet dari semua cabor, bukan hanya dibina dan diberi dukungan moril maupun materiil.

“Pemerintah harus menfasilitasi para atlet sehingga mereka bisa meraih prestasi yang gemilang di Papua dan untuk Indonesia,” ujarnya.

Apalagi, Hendrikus Gebze bangga dengan penyelenggaraan PON XX yang merupakan pertama kali digelar di Bumi Cenderawasih ini.

“Ini jadi kebanggaan untuk para mantan atlet dan juga masyarakat yang ada di Tanah Papua, karena ini mengangkat harkat dan martabat Orang Asli Papua,” imbuhnya.

Untuk itu, Hendrikus Gebze menambahkan, perhatian pemerintah terhadap para atlet semua cabor PON Papua dengan adanya honor dan berbagai fasilitas termasuk dengan menyiapkan bonus, sehingga diharapkan menjadi spirit bagi atlet Papua bisa memacu prestasi.

“Itu akan jadi motivasi, sehingga kontingen PON Papua bisa mencapai yang ditargetkan, setidaknya lima besar,” pungkasnya. (bat)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *