Pansus PON XX DPR Papua Bagikan Noken untuk Souvenir Atlet Panahan

Wakil Ketua Pansus PON XX DPR Papua, Agus Kogoya, SIP, MSi menyerahkan noken untuk souvenir atlet kepada Ketua Panpel Panahan didampingi Ketua Pengprov Perpani Papua, DR Juliana J Waromi, SE, MSi di Venue Panahan, Jumat, 1 Oktober 2021.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Panitia Khusus Pekan Olahraga Nasional (Pansus PON) XX DPR Papua membagikan Noken sebagai souvenir kepada atlet yang bertanding di Venue Panahan PON XX Papua di Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat, 1 Oktober 2021.

Noken yang diberikan kepada atlet yang bertanding dalam PON XX Papua itu, merupakan hasil pembelian dari mama – mama pengrajin Noken yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Salah satunya, noken itu diberikan di Venue Panahan PON XX Papua buah noken, yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Pansus PON XX DPR Papua, Agus Kogoya, SIP, MSi kepada Ketua Harian Pengprov Perpani Papua, Hengky Sawaki yang juga Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Panahan, Hengky Sawaki didampingi Ketua Pengprov Perpani Papua, DR Juliana J Waromi, SE, MSi dan pengurus.

Wakil Ketua Pansus PON XX DPR Papua, Agus Kogoya mengatakan, dengan moment PON XX Papua baru kali ini terjadi di Bumi Cenderawasih, tentu kebanggaan tersendiri.

Untuk itu, ia mewakili Pansus PON XX Papua dan masyarakat Provinsi Papau merasa bangga dan memberikan cinderamata berupa Noken kepada setiap atlet yang bertanding.

“Nah, Noken ini kami Pansus PON XX DPR Papua beri cinderamata ini,” katanya.

Noken itu, kata Agus Kogoya, merupakan hasil dari pembelian dari mama – mama Papua pengrajin Noken untuk disuplay kepada atlet – atlet yang bertanding di berbagai cabang olahraga.

Diakui Agus Kogoya yang juga Ketua Fraksi Gabungan II Bangun Papua DPR Papua, ada noken yang telah dibeli dari mama – mama Papua pengrajin noken, sehingga oleh Pansus PON XX DPR Papua, diberikan kepada atlet – atlet sebagai cinderamata.

Yang jelas, lanjut Agus Kogoya, Pansus PON XX DPR Papua berupaya mendorong agar dengan kegiatan pembagian souvenir atau cinderamata Noken ini, dapat memberikan manfaat bagi mama – mama pengrajin noken dengan membantu meningkatkan pendapatan mereka.

“Ada target sukses ekonomi dalam PON XX Papua ini, salah satunya kita harus mendukung ini kepada mama-mama pengrajin noken dengan membeli dagangannya, untuk menjadi cinderamata bagi para atlet yang bertanding,” ujarnya.

Setidaknya, imbuh Agus Kogoya, noken itu dibeli Pansus PON XX Papua dari berbagai wilayah adat, termasuk dari Meepago, Laapago, Tabi dan lainnya.

“Tentu pemberian cinderamata Noken ini, untuk mengenalkan dan mempromosikan budaya Papua kepada atlet yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia, karena banyak yang belum tahu termasuk Noken ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Harian Perpani Papua, Hengky Sawaki yang juga Ketua Panpel Cabor Panahan ini mengapresiasi kepada Pansus PON XX DPR Papua yang telah memberikan cinderamata kepada atlet yang bertanding.

“Kami akan bagi noken ini kepada para atlet. Disini ada 160-an atlet,” katanya.

Yang jelas, Hengky Sawaki mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Pansus PON XX DPR Papua memberikan cinderamata kepada para atlet itu.

“Ini kan sekaligus mempromosikan kita Noken, supaya mereka tahu ada Noken sebagai budaya Papua menjadi oleh – oleh atau cinderamata,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *