Bangkitkan Koperasi, Mega Nikijuluw: Dekopin Harus Berkolaborasi bersama Pemprov Papua

Ketua Komisi II DPR Papua, Mega Mansye F Nikijuluw, SH, MH.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua Komisi II DPR Papua, Mega Mansye F Nikijuluw, SH, MH meminta Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Papua untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam upaya untuk membangkitkan koperasi di Provinsi Papua. Apalagi, banyak koperasi di Provinsi Papua macet alias mati suri.

“Banyak koperasi di Papua yang tidak aktif alias mati suri. Kami harap dengan adanya Musyawarah Wilayah Dekopin Wilayah Papua, ke depannya dapat berkolaborasi dengan Pemprov Papua. Sebab, dari sekian banyak koperasi di Papua, yang aktif hanya 62 koperasi saja,” kata Mega Nikijuluw usai menghadiri Muswil Dekopin Wilayah Papua di Hotel Horison, Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, Jumat, 25 Maret 2022.

Mega mengungkapkan banyak koperasi yang mati suri itu, lebih banyak karena terbentur permasalahan modal usaha. Namun, mereka tidak dibantu dan tidak ada perhatian dari pemerintah daerah maupun perbankan untuk mengakses permodalan. Selain itu, koperasi kadang terkendala masalah administrasi, seperti agunan sehingga mereka kesulitan mengakses modal dari perbankan.

“Padahal, koperasi ini menginginkan adanya kemudahan-kemudahan untuk mengakses kredit atau modal usaha untuk mereka, sehingga mereka macet di tengah jalan,” jelasnya.

Untuk itu, Politisi PDI Perjuangan ini berharap dengan adanya Muswil Dekopin Wilayah Papua melahirkan kepengurusan baru dan mampu berkolaborasi dengan pemerintah daerah agar dapat membangkitkan koperasi di Papua agar bertumbuh untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan menyerap tenaga kerja.

Lantaran masih pandemi Covid-19, Mega Nikijuluw berharap pemerintah lebih proaktif lagi untuk melihat dari segi anggaran untuk membantu Dekopin, karena sesuai Keppres tahun 2011 menyatakan bahwa mereka bisa dibiayai dari dana APBD provinsi, kabupaten/kota sehingga diharapkan ke depan Dekopin dan dinas terkait bisa berkolarasi untuk menghidupkan kembali koperasi – koperasi yang saat ini mati suri, sehingga dapat hidup kembali.

“Dengan Muswil Dekopin Wilayah Papua ini, diharapkan menjadi spirit untuk kebangkitan perkoperasian di Papua,” imbuhnya. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *