Kejurnas Pagar Nusa, Pesilat Papua Buktikan Jatidiri di Kancah Nasional

Atas:Nuruz Zqhrotus Shita, Tsalsabila Tri Khairizzah dan Syakira Zahwa Alhamid. Bawah:Anggi Sukmawati dan Karin Wulan Maulana
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, papuaterkini.com– Pagar Nusa Papua mengirimkan sebanyak 12 atlitnya 6 putra dan 6 putri untuk berlaga di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Festival ke IV Pencak Silat NU Pagar Nusa yang digelar secara daring dan luring sebagai bentuk penyesuaian dengan kondisi pendemi yang ada di indonesia.

Dalam kejuaraan tersebut diikuti sebanyak 22 kontingen yang mewakili propinsinya di seluruh indonesia. Kejuaraan yang digelar pada 4-6 Maret 2022 di Wisma Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Ciloto, Cianjur Jawa Barat ini merupakan ajang yang paling tinggi di lingkungan Pagar Nusa atau pencak silat NU (Nahdlatul Ulama).

Kejurnas ini merupakan ajang pencapaian yang diharapkan bisa menghasilkan atlet-atlet yang berkualitas yang bisa membawa harumnya nama Pagar Nusa, Nahdlatul Ulama dan juga nama Indonesia.

Ketua Wilayah Pagar Nusa Papua, Ust. Muhamad Zainuri Thoha, M.Pd.I melalui Sekretarisnya Muslimin, S.Pd mengatakan bahwa Kejurnas Festival ke IV Pagar Nusa ini merupakan kegiatan kejuaraan virtual pertama yang dilaksanakan sepanjang sejarah pagar nusa, dan atlit Papua patut berbangga karena bisa mengambil bagian dan mendapatkan torehan perunggu.

Muslimin S.Pd, Ketua Kontingen Pagar Nusa Papua.

“Dalam Iven ini kami mengirimkan beberapa atlit untuk tampil jurus (Daring). Diantaranya Kategori Kelompok Jurus Wudhu. Di kelompok ini kita meraih mendali perunggu yang diwakilkan oleh, Nuruz Zqhrotus Shita, Tsalsabila Tri Khairizzah dan Syakira Zahwa Alhamid. Untuk Jurus Baku II Ganda Putri juga kita berada di peringkat 3, mendapatkan mendali perunggu oleh atlit Anggi Sukmawati dan Karin Wulan Maulana” kata Muslimin S.Pd yang juga Ketua Kontingen Pagar Nusa Papua.

Muslimin juga menyampaikan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerjasama tim yakni antar anggota dan pengurus secara kolektif.

Sementara itu Ketua PC Pagar Nusa Kabupaten Jayapura, Muhammad Syahril H. Utina berujar sebelum menuju Kejurnas pihaknya melakukan pembinaan dengan fokus pada latihan. Yang biasanya latihan hanya 2 kali dalam seminggu menjadi  4 kali.

“Kami mengirimkan pesilat yang berlaga untuk 3 kategori tanding yakni,  Jurus Baku kategori berkelompok dan Jurus Wudhu serta Jurus Baku II Ganda Putri” ujar Syahril .

Sekedar diketahui bahwa, Kejurnas ini dilaksanakan secara mandiri dan berdikari sebagai bagian dari khitmad, dan pencak silat Pagar Nusa mempunyai dua bagian yakni, pencak silat prestasi dan pencak silat tradisi. Di Pagar Nusa atlit atau para pesilatnya saat ini sudah tersebar dan berada di dalam dan luar negeri.(Hazir)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *