Pengurus DPD KKSS dan IWSS Kota Jayapura Dilantik, Junaedi Rahim: Kami Siapkan Empat Program

Ketua BPW KKSS Provinsi Papua, DR H Mansur M, SH, MM menyerahkan pataka kepada Ketua DPD KKSS Kota Jayapura, Ir H Junaedi Rahim, IAI dalam pelantikan pengurus di Hotel Suni Kotaraja, Minggu, 27 Maret 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Pengurus DPD Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kota Jayapura periode 2021 – 2026 resmi dilantik oleh Ketua BPW KKSS Provinsi Papua, DR H Mansur M, SH, MM di Hotel Suni Kotaraja, Abepura, Minggu, 27 Maret 2022.

Dalam pelantikan itu, juga sekaligus dilakukan pelantikan pengurus Ikatan Wanita Sulawesi Selatan (IWSS) Kota Jayapura dan pelantikan tiga BPC KKSS diantaranya BPC KKSS Abepura, BPC KKSS Jayapura Selatan dan BPC KKSS Jayapura Utara oleh Ketua BPD KKSS Kota Jayapura, Ir H Junaedy Rahim, IAI.

Ketua BPW KKSS Provinsi Papua, DR H Mansur mengatakan, KKSS merupakan organisasi lengkap dari pusat hingga daerah, bahkan ada di luar negeri yakni 17 negara.

“Kalau misalnya bapak ibu kesulitan di luar negeri, bisa kita link ke sana. Tahun lalu, karena Covid-19 ada adek-adek kita di Papua Barat ada masalah di Australia, kami link dengan Ketua KKSS di New Zealand. Itulah gunanya kerukunan,” kata Mansur.

Di Provinsi Papua, kata Mansur, dari 29 kabupaten/kota, sudah terbentuk 22 BPD KKSS. “Warga KKSS, mungkin di Kota Jayapura nomor 1. Ada 450 ribu jiwa di Provinsi Papua,” ungkapnya.

Ketua KKSS Provinsi Papua berpesan agar BPD bersama BPC serta IWSS untuk meramu program, tidak hanya ramai saat pelantikan, tapi aksi atau action di lapangan justru tidak ada.

“Mari kita ber KKSS dengan benar. Kita pandai bercara, jangan pandai beracara, kita harus saling menguatkan. Tidak lagi bicara badik, itu jaman dulu. Tapi, hari ini kita rebut ekonomi, kemajuan SDM, itu baru namanya KKSS,” imbuhnya.

Sementara itu, BPD KKSS Kota Jayapura, Ir. H. Junaedi Rahim, mengatakan, dengan dilantiknya kepengurusan KKSS di tingkat DPD dan BPC serta IWSS Kota Jayapura, maka secara formal kepengurusannya sudah syah, sudah dapat berinteraksi dengan masyarakat dan pemerintah di wilayah kita masing-masing.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari bapak/ibu pengurus yang baru dilantik ditingkat BPD, BPC dan Pilar-pilar otonom agar tetap menjaga kebersamaan kita semua pengurus ditingkat dan dibidangnya masing-masing agar kita tetap bahu-membahu, gotong royong untuk membantu masyarakat kita, Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja yang ada di Kota Jayapura ini,” katanya.

Junaedi Rahim mengaku jika KKSS Kota Jayapura mengagendakan empat program yang akan dilakukan, yakni pertama pembentukan kepengurusan di tingkat rayon terutama di kawasan yang bermukim banyak penduduk warga KKSS untuk menjadi sambung rasa BPC dengan rayon.

Kedua, KKSS akan membentuk Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan yang akan menjadi terdepan KKSS. “Ini program periode sebelumnya, namun karena pandemic Covid-19, program ini belum dilaksanakan,” ujarnya.

Ketiga, lanjut Junaedi Rahim, memikirkan pencapaian perolehan dana, karena selama ini di KKSS tidak memiliki sumber dana yang menunjang kegiatan organisasi dan keempat, harus memperkuat rumah besar untuk Bugis dan Makassar, karena Toraja sudah punya rumah besar yang bisa digunakan seluruh kegiatan masyarakat KKSS.

Dalam kesempatan ini, Junaedi Rahim mengingatkan agar warga KKSS berpegang teguh pada petuah pendahulu, salah satunya dimana bumi berpijak, disitu langit dijungjung.

“Disinilah peran kita Organisasi KKSS salah satunya adalah bagaimana bisa terjadi saling kesepahaman budaya adat antar orang Sulsel di papua dengan para masyarakat OAP, agar tidak menjadi konflik versi horizontal. Alhamdulillah secara berangsur-angsur saling kesepahaman adat istiadat masing-masing dapat berjalan menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Wali Kota Jayapura, DR Benhur Tommy Mano mengapresiasi pelantikan KKSS Kota Jayapura. Apalagi, KKSS ini dibentuk sebagai wadah untuk saling berkomunikasi dan bersilaturahmi orang – orang yang merantau dan tinggal di Kota Jayapura.

Suasana pelantikan pengurus BPC KKSS di Kota Jayapura di Hotel Suni Kotaraja, Abepura, Minggu, 27 Maret 2022.

Wali Kota BTM, sapaan akrabnya, berpesan agar organisasi ini semua pengurus berperan aktif dalam menjalankan dan menyumbangkan pemikiran yang cerdas dalam membangun organisasi KKSS ini.

“Tiga hal yang saya mau titip, yang pertama komunikasi dengan provinsi, kota, distrik sampai ke bawah. Kedua, koordinasi dan ketiga komitmen bersama untuk menjaga organisasi yang besar ini,” kata BTM.

BTM berpesan kepada warga KKSS agar petuah dimana bumi dipijak langit dijunjung agar dilaksanakan dengan baik, apalagi di Kota Jayapura ada orang Port Numbay yang mempunyai negeri sehingga perlu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan baik.

“Ada kerukunan yang lain, mari berkomunikasi dan berkoordinasi, termasuk dengan pemerintah daerah, termasuk TNI dan Polri. Ini organisasi KKSS, kamu hebat,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, dalam pelantikan ini, dihadiri Ketua DPR Kota Jayapura, Abisai Rollo, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir H Rustan Sarru, MM, Anggota DPR Papua, Boy Markus Dawir dan Darwis Massi serta sejumlah anggota DPR Kota Jayapura.

Pelantikan BPD KKSS Kota Jayapura ini diketuai oleh Ir H Junaedi Rahim, IAI, Ketua BPC KKSS Japsel, H. Abdul Rajab, Ketua BPC  KKSS Abepura, Harhan, SE, Ketua BPC KKSS Japut, H. Armin Surahman, SKom, MM, Ketua IWSS Kota Jayapura, Theresia Tobi, SH bersama pengurus.

Ketua Panitia DR. H. Makmur Tajuddin, SAg, SH, MH menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak hingga pelantikan BPD dan BPC KKSS di Kota Jayapura dan IWSS Kota Jayapura berlangsung dengan sukses dan lancer.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam menyukseskan acara ini,” imbuhnya. (irf/bat)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *