Pimpinan KKB Ndeotadi Tewas Ditembak di Nabire

Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menunjukan dua anggota KKB yang ditangkap di Nabire, 29 Maret 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Dua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atas nama Toni Tabuni (24) dan Tabuni (25) berhasil diamankan oleh Personil Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire, Selasa, 29 Maret 2022.

Untuk diketahui, Anggota KKB Toni Tabuni merupakan pimpinan Kelompok KKB Ndeotadi.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2022 Kombes Pol Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, Toni Tabuni terlibat dalam sembilan aksi kekerasan diantaranya, pencurian dengan kekerasan terhadap personil Pospol 99 Ndeotadi pada 15 Mei 2020 yang mengakibatkan Briptu Cristian Pailing mengalami luka bacok di kepala dan di tubuh serta merampas senjata organik Pospol sebanyak 3 pucuk (SS1 sebanyak 2 pucuk dan AK 47 sebanyak 1 pucuk).

Terlibat dalam aksi penembakan terhadap Kabinda Papua pada tanggal 25 April 2021, yang mengakibatkan Kabinda Papua Alm. Letjend (P) TNI I Gusti Putu Dani Nugraha Meninggal Dunia, di Distrik Beoga Kabupaten Puncak

Terlibat dalam penembakan terhadap Petugas Satgas Covid di Intan Jaya pada 22 Mei 2020, korban atas nama Alemalik Bagau (MD) dan Heniko Somau (MD).

Terlibat dalam aksi penembakan terhadap masyarakat sipil di Perbatasan Intan Jaya-Paniai pada 29 Mei 2020. Korban atas nama Yunus Sani mengalami luka tembak di kepala (MD).

Selain itu, Toni Tabuni terlibat dalam aksi penodongan terhadap masyarakat sipil di Area tambang rakyat lokasi dulang 45.

Juga terlibat dalam pembakaran di Bandara Bilorai, Kabupaten Intan Jaya, pada 29 oktober 2021,

“Terlibat kontak tembak dengan tim gabungan TNI-Polri di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya pada tanggal 5 November 2021. Korban diketahui bernama Oce Belau (MD) yang merupakan Pasukan KKB Intan Jaya” kata Kasatgas Humas

Lebih lanjut, Toni Tabuni masih ikut terlibat dalam aksi kontak tembak antara KKB Ilaga dengan Paskhas di Bandara Aminggaru, Kabupaten Puncak pada  19 Februari 2022. Korban diketahui bernama Praka Firman Hermansyah (Hidup).

“Terlibat dalam aksi penembakan terhadap personil Satgas Yonif 408/Sbh Pos Koramil Dambet, pada 3 Maret 2022. Korban adalah Pratu Heriyanto mengalami luka tembak dileher dan masih hidup,” ujar Kombes Kamal

Kasatgas Humas menambahkan, sebelumnya terjadinya penangkapan, Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz melakukan pemantauan dan penyelidikan terhadap anggota KKB tersebut dan pada saat anggota KKB tersebut berada di Kelurahan Siriwini, Kabupaten Nabire dan personil langsung melakukan penangkapan.

“Saat dilakukannya penangkapan terjadi perlawanan oleh tersangka Toni Tabuni  sehingga personil Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz melakukan tindakan tegas yang mengakibatkan tersangka meninggal dunia,” kata Kasatgas Humas.

Kasatgas Humas Ahmad Kamal mengatakan, saat ini jenazah tersangka Toni Tabuni, telah berada di RS Nabire untuk dilakukan Visum. Sedangkan, untuk tersangka Kais Tabuni masih diamankan di Polres Nabire guna proses penyelidikan lebih lanjut.

“Untuk diketahui personil Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz berhasil mengamankan barang bukti dari kedua anggota KKB itu diantaranya 20 butir amunisi cal.5.56, 1 buah tas warna hitam bertuliskan Tough  SLHS, 1 buah handphone Nokia tipe 105 tahun 2019 warna hitam , 1  pasang sepatu warna cokelat merk Delta, 1  pasang kaos kaki loreng bertuliskan Brimob,” ungkap Kasatgas Humas

Selain itu, Satgas Damai Cartenz  juga berhasil mengamankan 1 topi warna loreng, 1  baju warna loreng bertuliskan Fila, 1  celana pendek parasut warna hitam,  baju singlet warna hitam, 1 celana panjang parasut warna hitam, uang tunai sebesar RP. 360.000,  2 buah gelang rotan, 2 gelang tangan warna hijau, 1 buah kalung manik-manik dan 1 buah kalung besi putih dengan gantingan selongsong peluru.

“Kami dapat sampaikan situasi di Kabupaten Nabire hingga saat ini masih berjalan aman dan kondusif,” imbuhnya. (vn/bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *