TNI AU Bangun Pangkalan Udara di Manokwari dan Sorong

Pangkopsud III Marsda TNI Samsul Rizal.
banner 120x600
banner 468x60

MERAUKE, Papuaterkini.com – Dalam waktu dekat ini, TNI AU bakal membangun 2 Pangkalan Udara (Lanud) di wilayah Provinsi Papua Barat.

Kedua daerah di Papua Barat yang bakal dibangun Lanud itu adalah Kota Sorong dan Kabupaten Manokwari.

Hal ini disampaikan oleh Pangkoopsud III, Marsda TNI Samsul Rizal, SIP, MTr (Han) kepada wartawan di Vip Room Bandara Mopah Merauke, Senin, 21 Maret 2022.

Dikatakan, kehadiran Lanud di wilayah Papua Barat dipandang sangat perlu.

“Untuk di Sorong kelihatannya akan kita realisasikan tahun ini. Kita sudah dapat alokasi tanah dari Kemnterian Perhubungan dan anggaran dari Mabes AU untuk pembangunannya,” kata Jenderal TNI AU Bintang Dua ini.

Sementara untuk pembentukan Lanud Manokwari, lanjutnya, TNI AU juga sudah mendapatkan hibah tanah dari pemerintah daerah setempat. Namun, untuk pembangunannya baru akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

Ditanya soal berapa banyak pasukan yang akan digeser untuk memperkuat kedua Lanud itu nantinya, Samsul Rizal mengungkapkan bahwa pagelaran pasukan di TNI AU tidaklah sama dengan TNI AD.

“Yang utama adalah bagaimana kita bisa mendukung kegiatan penerbangan terlebih dahulu. Dan pasuka untuk pengamanan bandara saja,” pungkasnya. (ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *