banner 728x250

Buka Puasa Bersama, HKJM Papua Perkuat Silaturahmi

Suasana acara buka puasa bersama HKJM Papua yang dihadiri Ketua Umum DPP HKJM Papua, H Sarminanto, SH, MM, Sekjen Forkom LKN Papua, Ir H Junaedi Rahim, IAI, penceramah Ustadz Zaenuri LC di Vuria Kotaraja, Abepura, Minggu, 17 April 2022.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – DPP Himpunan Keluarga Jawa Madura (HKJM) Provinsi Papua berupaya terus memperkuat silaturahmi warga Jawa – Madura di Bumi Cenderawasih.

Salah satunya, melalui kegiatan Buka Puasa Bersama yang digelar di kediaman Ketua Umum DPP HKJM Provinsi Papua, H Sarminanto, SH, MM, Minggu, 17 April 2022. ‘

banner 325x300

Apalagi, sudah dua tahun terakhir ini, tidak bisa membuat acara berkumpul atau mengumpulkan warga, lantaran terjadinya pandemi Covid-19. Tentu saja, acara buka puasa bersama ini, menjadi ajang untuk melepas kerinduan dengan menjalin kembali dan memperkuat tali silaturahmi sesama warga HKJM dan masyarakat lainnya di Papua.

Ketua Umum DPP HKJM Papua, H Sarminanto, SH, MM mengakui jika memang sudah dua tahun terakhir ini, HKJM Papua tidak bisa menggelar kegiatan dengan mengundang banyak orang akibat pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, pada bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah ini, bisa menggelar acara buka puasa bersama. Tentu kerinduan untuk berkumpul dan meningkatkan serta memperkuat tali silaturahmi ini, akhirnya terobati,” kata Sarminanto.

Bahkan, acara buka puasa bersama ini, mendapatkan sambutan antusias dari warga HKJM yang terdiri dari 42 paguyuban yang ada di Provinsi Papua. Untuk itulah, Ketua Umum DPP HKJM Papua, H Sarminanto melakukan Safari Ramadhan yang dijadwalkan 10 titik atau kegiatan.

“Tujuannya tentu ingin memperkuat nilai – nilai ukhuwah Islamiah dan kerukunan antar warga, sehingga antara warga satu dengan yang lain ada kerinduan kita sesama warga lewat Buka Puasa Bersama ini, bisa kita lakukan berkunjung satu sama lain atau silaturahmi,” jelasnya.

Sarminanto berharap momentum bulan Ramadhan ini menjadi berkah bagi semua warga HKJM dan warga lainnya di Papua, dalam upaya untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa.

“Kami harap warga HKJM tidak terpecah belah, dalam artian guyub rukun selawase (hidup rukun selamanya) di Papua,” ujarnya.

Warga HKJM mendengar ceramah dalam buka puasa bersama HKJM Papua di Vuria Kotaraja, Abepura, Minggu, 17 April 2022.

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum HKJM Papua H Sarminanto bersama Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Ustadz Zaenuri LC mensosialisasikan adanya Posko UPZ HKJM Papua untuk mendekatkan pelayanan pembayaran zakat kepada paguyuban – paguyuban yang ada dan masyarakat umum di Kota Jayapura.

“Insyallah lewat dana zakat yang terkumpul melalui Posko UPZ HKJM Papua ini, bisa tersalurkan secara amanah. Bukan sekadar untuk konsumtif, tapi untuk membantu meningkatkan ekonomi umat, lantaran hampir 2 tahun akibat Covid-19, ekonomi warga terganggu,” imbuhnya. ‘

Sementara itu, Sekjen Forum Komunikasi Lintas Paguyuban Nusantara (Forkom LKN) Papua, Ir H Junaedi Rahim, IAI mengapresiasai kegiatan buka puasa bersama HKJM Papua, sebagai bentuk untuk memperkuat silaturahmi sesama warga di Papua.

“Silaturahmi ini sangat penting untuk mempersatukan warga paguyuban ini, mendekatkan sesama warga sekaligus untuk saling tolong menolong, gotong royong dan berbagi sesama warga. Apalagi, masyarakat Jawa, Madura dan Sunda itu paling banyak di Kota Jayapura menurut data statistik, baru warga KKSS,” katanya.

Tentu saja, imbuh Junaedi Rahim yang juga Ketua DPD KKSS Kota Jayapura ini, silaturahmi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan warga ini, bisa menjadi modal dasar dalam berbagai aspek pembangunan di daerah ini.

Dalam buka puasa bersama ini, Ustadz Zaenuri LC juga mengingatkan pentingnya menjalin dan meningkatkan silaturahmi antara sesama umat Islam dan dengan warga lainnya.

“Dengan silaturahmi ini, tentu akan memperkuat persatuan dan kesatuan warga HKJM di Papua,”  imbuhnya. (qis/bat)

 

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.