banner 728x250

Aparat Keamanan Harus Ungkap Penyebab Rentetan Kebakaran di Dogiyai

Anggota Komisi I DPR Papua, Laurenzus Kadepa.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Kasus terjadinya rentetan kebakaran yang terjadi di Kabupaten Dogiyai dalam sebulan terakhir ini, menjadi perhatian serius Anggota Komisi I DPR Papua yang membidangi Politik, Hukum dan Hak Azasi Manunsia, Laurenzus Kadepa.

Laurenzus Kadepa mendesak aparat kepolisian untuk segera mengungkap penyebab dan pelaku hingga terjadinya kasus rentetan kebakaran di Kabupaten Dogiyai itu.

banner 325x300

“Mestinya aparat keamanan mengungkapkan penyebab dan pelaku rentetan kebakaran ini. Pelaku harus diungkap agar tidak menimbulkan polemik di tengah masyarakat,” tegas Laurenzus Kadepa kepada Papuaterkini.com, Senin, 23 Mei 2022.

Apalagi, kata Politisi Partai NasDem ini, di Kabupaten Dogiyai ada jajaran kepolisian yakni Polsek dan Pemerintah Daerah (Pemda) harus membackup aparat keamanan agar pelakunya segera diusut.

Kadepa mewanti – wanti agar agar aparat kepolisian bekerja secara profesional dalam mengungkap kasus rentetan kebakaran di Kabupaten Dogiyai itu.

“Saya minta tidak seenaknya menuduh masyarakat itu pelaku. Apalagi terakhir ini masyarakat Dogiyai melakukan aksi damai menolak Otsus, DOB dan Mapolres baru,” pungkasnya.

Diketahui, belakangan ini, Kabupaten Dogiyai terjadi rentetan kasus kebakaran di kios dan rumah warga.  Kasus kebakaran itu, terjadi awal April 2022 dan hingga kini kerap terjadi kebakaran terhadap rumah kios mulai dari Mowanemani, Idakebo, Bomomani dan sekitarnya.

Anehnya, rumah kios yang terbakar, hanya milik warga non Papua yang telah lama bermukim di daerah Kamuu dan Mapia. (bat)

Data kasus kebakaran di Kabupaten Dogiyai dalam bulan Mei 2022.

  1. Kebakaran pertama terjadi pada Selasa, 3 Mei 2022 dini hari. Api melahap 6 unit bangunan kios dan satu apotek di Kampung Ikebo, Distrik Kamu.
  2. Sembilan kios di Pasar Bomonani, Distrik Mapioa terbakar pada Sabtu, 7 Mei 2022 dini hari.
  3. Kios pedagang di Idakebo, Kamuu Utara terbakar, Senin, 9 Mei 2022 dini hari.
  4. Deretan rumah di Kampung Ekemanida, Distrik Kamuu terbakar pada 19 Mei 2022 pukul 12.00 WIT.
  5. Rumah warga Toraja yang ada di samping Polsek Kamuu, Sekretariat KNPB Wilayah Dogiyai dan deretan kios di Kompleks Puskesmas Mowanemani, samping Gereja Mowanemani, rumah adat milik warga Kotopa, deretan kios di Kampung Ikebo terbakar pada Minggu, 22 Mei 2022.

 

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.