Seorang Anggota KKB Tewas Ditembak di Puncak, Diduga Terlibat Pembantaian 8 Karyawan PTT

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dikabarkan tewas dalam kontak senjata yang terjadi di sekitar lapangan Trikora Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat, 27 Mei 2022.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, membenarkan kejadian tersebut.

“Iya, benar ada satu anggota KKB yang meninggal dunia yakni Lerinus Murib adalah anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib,” kata Ahmad Kamal kepada wartawan, Senin, 30 Mei 2022.

Dijelaskan, kontak senjata tersebut terjadi ketika personil Satgas Ops Damai Cartenz 2022, melakukan kegiatan patroli di sekitar lapangan Trikora, yang mana dalam Lapangan tersebut sedang dilaksanakan kegiatan acara bakar batu.

Berdasarkan keterangan personel yang berada di lokasi kejadian, personel telah memastikan kematian anggota KKB tersebut dari hasil laporan warga.

“Akan tetapi jenazah anggota KKB tersebut sudah dibawa oleh rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai dan jenazahnya sudah mereka bakar pada Jumat, 27 Mei 2022,” ungkap Kasatgas Humas Ahmad Kamal.

Diketahui, anggota KKB Lerinus Murib terlibat dalam lima aksi kekerasan diantaranya, diantaranya terlibat aksi pembakaran tiga sekolah yakni SD, SMP dan SMA di Kampung Julukoma, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, 8 April 2021.

Lerenius Murib juga terlibat aksi pembunuhan keji di Kampung Niporolome, Kabupaten Puncak yang mengakibatkan lima warga tewas, diantaranya Kepala Kampung Niporolome, Patianus Kogoya, Petena Murib (preempuan) dan Nelius Kogoya pada 4 Juni 2021.

Lerenius Murib juga terlibat dalam kontak tembak dengan anggota TNI Yonif R 408/SBH di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan 3 anggota TNI MD yakni Pratu Rahman, Serda Rizal, dan Pratu Baraza pada 27 Januari 2022.

Selain itu, Lerenius Murib terlibat dalam pembantaian karyawan dan warga sipil yang berada di kamp Palapa Timur Telematika (PTT), Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan 8 orang karyawan PTT meninggal dunia, 1 Maret 2022.

“Lerenius Murib  terlibat dalam pembakaran Kantor dan aset Perusahaan PT. Martha Tunggal Teknik (MTT) yang berada di Kampung Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak. 22 Maret 2022,” terang Kamal.

Ditambahkan, pada Minggu pagi, 29 Mei 2022, warga menemukan sesosok mayat atas nama Yakianus  di sekitar TKP kontak tembak diposisi KKB. Untuk keterlibatan pemuda tersebut dengan KKB masih didalami.

“Pada hari minggu pukul 10.42 WIT, Jenazah pemuda tersebut sudah disemayamkan oleh pihak keluarga dengan cara adat yakni di bakar,” terangnya.

Untuk diketahui, situasi saat ini di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak terpantau aman dan kondusif serta masyarakat masih melakukan aktivitas normal seperti biasa. (bat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *