BI Gelar Capacity Building Wartawan Papua di Bali

Suasana Capacity Building Wartawan Papua yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua di Hotel Mamaka, Kuta, Bali, 10 - 12 Juni 2022.
banner 120x600
banner 468x60

BALI, Papuaterkini.com – Sebanyak 25 wartawan mengikuti Capacity Building Wartawan Papua yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua yang berlangsung di Provinsi Bali, 10 – 12 Juni 2022.

Kegiatan tersebut digelar dalam dua sesi. Sesi pertama pemaparan dari narasumber dengan materi ‘Mengenal Konvergensi Media’ yang disampaikan oleh Wakil Redaktur Pelaksana Koran Sindo.

Sementara materi ‘Transformasi Sistem Pembayaran di Era Digital’ disampaikan Asisten Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Faizal Kurniawan.

Materi lainnya pada sesi pertama yakni ‘Potensi Sumber Pertumbuhan Baru dan Dukungannya bagi Pembangunan Ekonomi Papua’ yang disampaikan oleh Asisten Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Agni Alam Awirya.

Di sesi kedua. kegiatan dilanjutkan  dengan mengunjungi Bank Sampah Bali Wastu Lestari yang berada di Jalan Ahmad Yani, Denpasar, Provinsi Bali dan Desa Wisata Penglipuran yang berada di Kubu, Kabupaten Bangli.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Juli Budi Winanthya mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas wartawan dalam menulis berita ekonomi.

Juli Winantya berharap, dari hasil kunjungan kedua tempat tersebut, Pemerintah Provinsi Papua dapat mendorong implementasi serupa setelah mengetahui informasi mengenai Bank Sampah Bali dan Desa Wisata Penglipuran melalui berita yang peserta pelatihan.

‘’Pengelolaan Bank Sampah dan Desa Wisata Penglipuran  dapat menjadi contoh bagi Provinsi Papua untuk mendapatkan sumber pertumbuhan ekonomi baru, karena selama ini kita tahu ekonomi Papua  bergantung pada sektor tambang,’’ ujarnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini akan ada sharing diantaranya peran medai dalam pembentukan persepsi masyarakat, perkembangan ekonomi digital dan kenbijakan teknik BI serta perkembagan perekonomian Papua. (bat)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *