Cegah Penyelundupan Senpi dan Amunisi ke Pegunungan Papua, Korem 172/PWY Perketat Bandara

Danrem 172/PWY Kolonel Inf JO Sembiring.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com  – Korem 172/PWY bakal memperketat pengamanan di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua dalam upaya untuk mencegah penyelundupan senjata api dan amunisi ke wilayah Pegunungan Papua.

“Bapak Pangdam telah memerintahkan saya untuk turut serta membuat kegiatan cegah semua barang-barang ilegal yang akan dibawa ke wilayan Pegunungan Papua, baik amunisi, senjata, miras ilegal maupun narkoba,” tegas Danrem 172/PWY disela-sela Ngopi Bareng Wartawan di Cafe 58 Houz Abepura, Kota Jayapura, Jumat, 17 Juni 2022.

“Ini tidak boleh naik, karena akan merusak dan bisa menciptakan konflik di Pegunungan Papua. Kalau orang mabuk, dia tidak sadar, lalu menikam orang, bisa jadi perang suku. Nah, ini tidak baik,” sambungnya.

Danrem JO Sembiring mengapresiasi petugas Aviation Security (Avsec) Bandara Sentani yang sebelumnya bersama-sama terus antara TNI dan Polri untuk melakukan pencegahan tersebut.

“Ini bagian prestasi menurut saya, sehingga ini perlu diberikan apresiasi kepada mereka,” ujarnya.

Lebih lanjut, amunisi yang ditemukan oleh petugas Avsec Bandara Sentani itu merupakan amunisi milik oknum prajurit yang didapatkan secara ilegal.

Apakah amunisi itu akan dijual ke KKB? Danrem JO Sembiring mengatakan jika hal itu masih dalam penyelidikan. Namun, dengan membawa amunisi dalam jumlah banyak itu, tentu menaruh kecurigaan.

“Nah, sekarang itu dalam proses dan ini akan ditindaklanjuti lewat Panglima, karena jika amunisi itu sampai diatas, bisa tidak baik,” tandasnya.

Apakah ada keterlibatan oknum anggota yang lain? Danrem mengaku jika hal itu masih dalam penyelidikan. “Nanti Pomdam yang akan menjawab,” ujarnya.

Yang jelas, kata Danrem JO Sembiring, Korem 172/PWY akan membangun kohesi dengan semua masyarakat atau stakeholder dalam mengobati dan menyembuhkan luka serta mengubur dendam di Papua.

Ditambahkan, pertemuan di Base Ops Lanud Silas Papare Sentani, adalah kegiatan untuk mensupport kohesi dengan protokoler, AirNav, Angkasa Pura, Lanud Silas Papare agar mereka lebih proaktif dan bersinergi dalam mencegah kegiatan-kegiatan ilegal yang akan dilakukan melalui Bandara Sentani. (bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *