banner 728x250

Kapolresta: Aksi Demo 3 Juni Ditunggangi Simpatisan KNPB

Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Viktor D Mackbon.
banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Terkait aksi demo penolakan Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus) Jilid II yang dikoordinir oleh Petisi Rakyat Papua (PRP), Jumat, 3 Juni 2022, Polres Jayapura Kota telah mengeluarkan imbauan untuk tidak dilakukan long march dan aparat kepolisian akan menfasilitasi massa aksi untuk ke DPR Papua.

Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Viktor D Mackbon mengatakan, jika sejak Jumat pagi, massa aksi sudah menutup jalan, sehingga pihaknya sudah mengimbau agar jangan menutup jalan, tetapi kelompok tersebut melawan petugas dan langsung diambil upaya pencegahan agar tak mengganggu lingkungan sekitar.

banner 325x300

“Ada juga beberapa titik yang kita fasilitasi mereka menyampaikan aspirasi dengan baik, diantaranya yaitu di Jalan Biak dan Perumnas III, awalnya tadi ada yang melawan petugas, jadinya ada langkah-langkah Kepolisian yang harus diambil,” tegas Kapolresta disela-sela memantau situasi di Perumnas III Waena, Distrik Heram.

Dikatakan, hal tersebut merupakan bagian dari pencegahan, namun jika  melawan petugas, perintahnya jelas dan pastikan keselamatan petugas. Apalagi, pihaknya sudah berupaya persuasif, tapi tetap mereka lakukan, sehingga prosedur penanganan tetap dilakukan.

“Jadi, massa tolong dengar imbauan kami, jangan ganggu atau melanggar aturan yang sudah ditetapkan, mari bekerjasama dengan baik,” tandasnya.

Kapolresta mengaku jika pihaknya sudah berkomunikasi dengan Jefry Wenda, selaku penanggungjawab aksi Petisi Rakyat Papua dan sudah menyampaikan syarat-syaratnya, tapi yang bersangkutan tidak bisa memenuhi persyaratan tersebut.

“Seperti Organisasi PRP apakah sudah terdaftar di Kesbang dan metode massa berapa? Kami sampaikan tidak boleh, tapi kami fasilitasi mereka jika ingin ke DPR Papua. Namun, hanya perwakilan saja berapa yang mau ke sana, namun tidak dipenuhi,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta menambahkan, pihaknya tidak pernah membatasi penyampaian aspirasi dan pihaknya juga siap untuk memfasilitasi massa aksi ke tempat tujuan, tapi ada juga hal lain yang menjadi pertimbangan dimana diketahui bahwa aksi demo 3 Juni ditunggangi oleh para simpatisan KNPB. (bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.