banner 728x250

Mahasiswa KKN Nusantara Ajak Mama-mama Kampung Intaimelyan Manfaatkan Gedebok Pisang Jadi Keripik

Seorang warga Kampung Intaimelyan, Arso IX, Skanto, Keerom mencicipi produk UMKM Gedebok Crispy yang dilaunching mahasiswa KKN Nusantara, Minggu, 21 Agustus 2022.
banner 120x600
banner 468x60

KEEROM, Papuaterkini.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KNMB) tahun 2022 mengajak mama-mama di Kampung Intaimelyan, Arso IX, Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Papua memanfaatkan gedebok pisang dan jahe menjadi produk UMKM. 

Peserta KKN KNMB Suci Nur Fatonah dari IAIN Fattahhul Muluk Papua dan Almaida Firdaus dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengajari mama-mama di Kampung Intaimelyan dalam pembuatan produk UMKM yang akan diberi nama NusaMelyan.

banner 325x300

“Gedebok Crispy merupakan produk olahan dari batang pisang yang dibuat menjadi keripik, pembuatan produk tersebut sebagai upaya optimalisasi pemanfaatan batang pisang yang umumnya belum dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas,” kata Suci Nur Fatonah.

Baca Juga : Mahasiswa KKN Nusantara Lauching Produk UMKM Kampung Intaimelyan Keerom

Selain itu, ujar Suci Fatonah, batang pisang memiliki banyak khasiat, diantaranya mendetoks sistem pencernaan, membantu mengobati asam lambung, menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol dan tekanan darah serta menstabilkan gula darah, membantu mengobati batu ginjal
dan mengobati cacar air.

Mama-mama Kampung Intaimelyan pun juga diajari cara pembuatan wedang atau minuman dari Jahe oleh mahasiswa KKN Nusantara ini.

Dengan memanfaatkan jahe sebagai bahan utama sebagai wedang atau minuman yang sebenarnya juga mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah warga. Apalagi, banyak warga yang menanam jahe tersebut.

Mereka pun mengajari cara membuat wedang jahe dengan menjadikan jahe instan atau dalam bentuk serbuk. Dengan melihat banyak khasiat dari jahe itu sendiri, diantaranya, menghangatkan badan, mengobati sakit kepala, mencegah radang usus, menguatkan kekebalan tubuh dan mengobati batuk.

“Kami juga mengajari bagaimana mengemas produk Gedebok Crispy dan Wedang Jahe dengan baik, sehingga lebih menarik untuk dipasarkan atau dijual,” imbuh Almaida Firdaus, peserta KKN Nusantara ini.

Warga menikmati produk Gedebok Crispy yang dilaunching Mahasiswa KKN KNMB.

Sementara itu, mama-mama di Kampung Intaimelyan selaku partisipan kegiatan sangat antusias untuk menyaksikan pembuatan hingga launching produk UMKM itu yang digelar.

“Produk Gedebok Crispy ini, renyah, gurih dan nikmat,” ujar salah seorang pemuda Kampung Intaimelyan saat mencicipi produk GC itu.

“GC ini, rasanya renyah, enak dan berkualitas. Bumbunya juga pas dan tidak bikin asam urat karena kasiat dari gedebok pisang ini,” imbuh warga lainnya.

Selaku Perwakilan dari Tim Pengembangan Produk, Ganis Oktalia menyampaikan bahwa pihaknya siap untuk mengembangkan inovasi ini dan semoga dapat berjalan sesuai harapan.

Ketua Kelompok KKN Nusantara, Ajuzfan Faifar Butj menyampaikan bahwa terlepas dari tugasnya sebagai peserta KKN Nusantara, pihaknya berharap  program ini dapat berkelanjutan sehingga menambah taraf ekonomi masyarakat Kampung Intaimelyan.

Untuk itu, imbuhnya, diperlukannya kerjasama antar semua elemen masyarakat, baik Aparatur Desa, Kabupaten dan semua Masyarakat Kampung Intaimelyan. (bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.