banner 728x250

Satgas Yonif Raider 321/GT Perbaiki Jalan Trans Wamena-Nduga

Satgas Yonif Raider 321/GT bersama warga memperbaiki jalan Trans Papua yang menghubungkan Wamena -- Nduga akibat banjir, Minggu, 7 Agustus 2022.
banner 120x600
banner 468x60

NDUGA, Papuaterkini.com – Satgas Yonif Raider 321/GT bersama masyarakat Pegunungan Tengah tepatnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua melakukan gotong royong memperbaiki Jalan Trans Wamena – Nduga yang rusak akibat diterjang banjir pada Minggu, 7 Agustus 2022.

Apalagi, sarana jalan merupakan infrastruktur yang sangat penting dan vital di suatu daerah manapun, baik tingkat provinsi, kabupaten, kecamatan maupun desa atau kampung. Sebab, sarana jalan yang menghubungkan dari suatu daerah dengan daerah lain dan sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat dan faktor pendorong kemajuan ekonomi daerah.

banner 325x300

Bencana banjir bandang dan tanah longsor itu, berdampak terhadap kerusakan kebun warga, bendungan penampungan air dan jalan di daerah itu.

Dansatgas Yonif Raider 321/GT Mayor Inf Ricky J Wuwung, SSos, MIP, dalam keterangannya
mengatakan banjir bandang dan tanah longsor terjadi karena intensitas hujan 5 hari belakangan ini sangat tinggi. Akibatnya, perkebunan, bendungan air warga dan jalan tertimbun material longsor berupa bebatuan besar dan lumpur.

Bahkan, kata Dansatgas Ricky Wuwung, dampak dari bencana itu juga mengakibatkan Jalan Trans Wamena-Nduga terputus dan amblas sepanjang lebih kurang 15 meter.

“Rusaknya jalan tersebut akibat terjangan material longsor berupa bebatuan dan meluapnya air sungai dari gunung,” jelasnya.

Akibat bencana itu juga, lanjut Dansatgas, membuat angkutan lajuran mobil yang melayani mobilitas masyarakat Nduga khususnya Distrik Mbua dan Distrik Dal menuju Wamena dan sebaliknya terhenti sementara waktu.

Pasca kejadian tersebut, kata Dansatgas, pihaknya langsung berkoordinasi dengan para tokoh agama, adat dan tokoh masyarakat. Bahkan, mengerahkan personel Pos Mbua terjun ke lokasi bendungan air untuk melakukan pembersihan material longsor.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mempercepat normalisasi mobilitas angkutan lajuran Mobil yang melayani mobilitas logistik dan masyarakat. Dengan menangani longsor melalui kerja bakti dan gotong-royong bersama masyarakat untuk memperbaiki Jalan Trans Wamena-Nduga yang amblas.

Kerja bakti tersebut merupakan wujud nyata bentuk kepedulian Satgas Yonif Raider 321/GT terhadap lingkungan, termasuk sosial dan kelangsungan aktivitas masyarakat, serta cepat tanggap bencana guna mengatasi kesulitan masyarakat.(bat)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.