banner 728x90 ---- banner 728x90

Program Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Dalam Upaya Percepatan Pembangunan Papua

banner 120x600
banner 468x60

JAYAPURA,papuaterkini.com-Program Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) adalah upaya pemerintah dalam meningkatkan sebaran lembaga pelatihan kerja, serta mendekatkan akses pelatihan kepada masyarakat atau komunitas. Dengan adanya BLK Komunitas (BLKK) diharapkan masyarakat memiliki keterampilan yang mampu terserap oleh dunia usaha dan industri.

BLKK hadir menjadi salah satu jawaban terhadap Pemerataan pembangunan dan jawaban terhadap masalah ketimpangan, yang salah satu strateginya dapat dilakukan dengan menjamin ketersediaan infrastruktur yang disesuaikan dengan kebutuhan antarwilayah, sehingga mendorong investasi baru, lapangan kerja baru, meningkatnya pendapatan dan kesejahteraan masyarakat .

Sebuah pembangunan ditiap-tiap daerah harus dilakukan secara merata agar tidak terjadi kesenjangan atau pun persaingan antar daerah. Tidak hanya itu saja, tujuan sebuah pembangunan daerah adalah untuk menyediakan dan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta dapat membangun berbagai variasi kesempatan kerja yang lebih banyak di daerah tersebut. Untuk pemeratakan pembangunan dan menghilangkan kesenjangan antar daerah, Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) menjadi salah satu ihtiyar pemerintah dalam pembangunan infastruktur dan Sumber Daya Manusia di tiap-tiap daerah.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Sorong Rahman Arsyad, S.T, M.S.P dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi BLKK Se-Papua di Hotel Suni Lake Garden yang berlangsung dari tanggal 18 – 20 November 2022.

” Hadirnya BLKK di Tanah Papua merupakan komitmen bersama untuk memajukan pembangunan di daerah agar bisa setara dengan daerah-daerah lain di Indonesia”. jelasnya.

Dalam kesempatan itu juga menyampaikan bahwa di Papua sudah terdapat 19 BLKK dan tahun 2022 ini bertambah 21 BLKK,sehingga menjadi 40 BLKK. Dan harapan kedepan di Papua memiliki Balai Vokasi dan Pelatihan Produktivitas sendiri yang terpisah dengan Sorong.

Senada dengan yang dikatakan penjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua Pendius Wanimbo, SE

“Kami sangat berterima kasih dengan hadirnya BLKK di Papua, akan cepat mendorong pertumbuhan pembangunan di daerah terutama dalam memciptakan Tenaga-tenaga kerja yang siap diserap oleh pasar”.ungkapnya.

Salah satu utusan BLKK DDI Kota Jayapura yang hadir menyampaikan Apresiasi dan terimakasih atas kolaborasi kerja sama pemerintah terhadap lembaganya dalam upaya keterlibatan pembangunan secara langsung di Daerah. Dalam acara Rapat koordinasi BLKK itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura Djoni Naa, SE, M.Si, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jayapura Esau Awoitauw, 19 BLKK yang tersebar di Papua, membawa misi Membangun Papua dengan cinta kasih. (Hazir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *