Panen Jeruk di Kampung Yufri, Elisa Kambu : Asmat Bisa

Bupati Asmat, Elisa Kambu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Susana Orpa Kambu panen Jeruk manis di Kampung Yufri Yaun, Distrik Jeorat, Senin (19/12). Foto : Arie Bagus Poernomo
banner 120x600
banner 468x60
Asmat, Papuaterkini.com – Bupati Asmat, Elisa Kambu didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Susana Orpa Kambu panen Jeruk manis di Kampung Yufri Yaun, Distrik Jeorat, Senin (19/12).
Elisa Kambu seusai Panen Jeruk manis di kebun milik SD YPPK St. Yohanis Pemandi yang dikelola oleh Romanus Meak ini mengatakan bahwa panen ini bukanlah yang pertama kalinya dilakukan.
“Sudah lima tahun terakhir kita panen Jeruk manis dari lahan yang dikelola oleh pak Romanus. Dan ini membuktikan bahwa Asmat Bisa” kata Kambu.
Ditambahkannya, lahan yang dikelola oleh Romanus Meak ini cukuplah produktif.
Karena selain jeruk, diatas lahan itu juga terdapat berbagai jenis buah-buahan lainnya seperti, belimbing, mangga, buah naga, pinang dan beberapa jenis buah lainnya.
Dengan berhasilnya Romanus Meak mengelola lahan berlumpur di Kabupaten Asmat yang sering dinyatakan mustahil untuk melakukan aktivitas pertanian dan perkebunan, Elisa Kambu berharap sekiranya hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi seluruh penyuluh pertanian yang ada di daerah tersebut.
“Semoga bisa menjadi inspirasi bagi seluruh penyuluh pertanian kita bahwa tanah di Asmat sangatlah memungkinkan untuk bisa menanam semua jenis tanaman baik holtikultura maupun perkebunan” ujarnya.
Lebih lanjut ditambahkannya, kebun jeruk bukan hanya berada di Kampung Yufri Yaun saja tetapi juga ada di beberapa distrik lainnya seperti Atsj dan Sawerma.
“Seperti di Atsj, pengembangan di Atsj cukup luar biasa dan dikelola oleh penduduk transmigrasi. Sementara di Sawerma yang mengelolanya adalah putra Asli Asmat” pungkasnya. (Arie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *