Usulkan Cabup dari Kader Partai Lain, Ketua DPC PKB Lanny Jaya Ditegur

Waket I DPW PKB Wilayah Provinsi Papua Pegunungan sekaligus sebagai Waket Lembaga Pemenangan Pemilu DPW Papua Pegunungan Andokia Wenda, (baju batik) didampingi Sekretaris DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya Yulius Wenda, (kiri) saat memberikan keterangan pers di entrop bersama kader PKB Wilayah Provinsi Papua Pegunungan, Selasa, 24 Januari 2023.
banner 120x600
banner 468x60

Waket I DPW PKB Wilayah Provinsi Papua Pegunungan sekaligus sebagai Waket Lembaga Pemenangan Pemilu DPW Papua Pegunungan Andokia Wenda, (baju batik) didampingi Sekretaris DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya Yulius Wenda, (kiri) saat memberikan keterangan pers di entrop bersama kader PKB Wilayah Provinsi Papua Pegunungan, Selasa, 24 Januari 2023.

JAYAPURA, Papuaterkini.com – Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wilayah Provinsi Papua Pegunungan, Aziz Lani menegaskan jika Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya, Tenius Murib, dalam mengusulkan calon Bupati Lanny Jaya dari partai lain, itu atas nama pribadi, bukan atas nama partai PKB.

Sebab, dalam Rapat Konsolidasi (Rakos) diselenggarakan DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya, Senin, 23 Janunari 2023 di Wamena, hanya fokus PKB memenangkan kursi DPRD, DPR Papua Pegunungan, DPR RI dan Cak Min sebagai Presiden RI.

“Soal siapa calon Bupati Lanny Jaya itu, tentu nanti ranah pimpinan dan ada dari Kader PKB tidak dari luar kader PKB seperti yang dikatakan Ketua DPC PKB Lanny Jaya, usai Rakos, lalu melaksanakan jumpa pers,” kata Aziz Lani, di Jayapura, Selasa, 24 Januari 2023.

Untuk itu, Azis Lani mengaku jika dirinya sudah memberikan teguran pertama kepada Ketau DPC PKB Lanny Jaya.

“Saya secara administrasi sudah kasih masuk surat ke DPP memberikan surat teguran pertama untuk Ketua DPC PKB Lanny Jaya. Saya berharap Thenius bisa memberikan klarifikasi dan kita kasih waktu 1×24 jam,’’ tegasnya.

Selaku Wakil Ketua I DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wilayah Provinsi Papua Pegunungan sekaligus sebagai Wakil Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu DPW Papua Pegunungan, Andokia Wenda menambahkan, jika DWP PKB Wilayah Provinsi Papua Pegunungan telah memberikan surat teguran
pertama bagi Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya Thenius Murib, usai ia melaksanakan jumpa pers usai Rakos DPC Partai PKB Lanny Jaya di Wamena hari Senin lalu, karena ia mengusulkan Yemis B. Kogoya sebagai Bupati Lanny Jaya Periode 2024-2029, padahal itu di luar kader PKB.

“Saya hadir dalam rakos DPK PKB Lanny Jaya di Wamena, sudah tidak sesuai dengan apa yang dilakukan dalam Rakos. Sebab, kita hanya membahas memenangkan kursi DPRD, DPR Papua Pegungungan, DPR RI dan Cak Min kami dukung sebagai Presiden RI untuk periode 2024-2029, namun Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya Thenius Murib justru dia malah mengusulkan calon Bupati Lanni Jaya di luar dari PKB yakni dari Partai PAN dan ini bukan dari hasil Rakos tersebut. Jadi, kami sudah berikan surat teguran untuk disampaikan ke pusat,’’ tandasnya.

Dikatakan, usulan calon Bupati Kabupaten Lanny Jaya Yemis Kogoya itu bukan Kader PKB, tapi ia dari Ketua DPC PAN Kabupaten Lanny Jaya. Padahal, kader PKB justru sudah siap maju dan ada kandidatnya sendiri. Dengan demikian, apa yang disampaikan Ketua DPC PKB Lanny Jaya ini di luar dari garis tidak masuk dalam kader simpatisan PKB.

Senada dikatakan Sekretaris DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya Yulius Wenda bahwa PKB sudah mempersiapkan kader, sehingga adanya pernyataan usulan dari Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya Thenius Murib soal siapa calon Bupati Lanny Jaya ia tidak terima.

Sebab, pihaknya salah satu organisasi punya legalitas hukum jelas, sehingga dalam semua hal dijalankan ada rekonsiliasi tanpa koordinasi sekretaris, padahal sekretaris juga punya legalitas, sehingga ia menganggap Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya telah melenceng dalam AD/ART dengan merampas kewenangan.

“Jadi, saya mengingatkan kepada Ketua DPC PKB Kabupaten Lanny Jaya agar hal seperti itu jangan terulang lagi, apalagi sudah mendapatkan surat teguran pertama,” imbuhnya.(bat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *